logo
Bola Lainnya | Detail

ANALISIS – Juara Back to Back Liga 1, Bali United Tetap Belum Siap Bertarung di AFC Cup

Rifqi Herjoko
Jum'at, 01 Juli 2022, 15:02 WIB
ANALISIS – Juara <i>Back to Back</i> Liga 1, Bali United Tetap Belum Siap Bertarung di AFC Cup
Bali United ternyata belum cukup bagus untuk bertarung di AFC Cup 2022 (Foto: Twitter/@kda_fc)

JAKARTA – Bali United boleh saja menjadi juara back to back (beruntun) Liga 1. Namun, Serdadu Tridatu tetap belum siap untuk berkiprah di AFC Cup 2022.

Terdapat sejumlah faktor yang memberi pengaruh terhadap kegagalan Bali United melangkah lebih jauh di ajang antarklub bergengsi Asia edisi kali ini. Hendaknya kekurangan itu dapat dijadikan evaluasi ketika Bali United kembali berlaga di AFC Cup suatu saat nanti.

Sebagai informasi, Bali United tergabung di Grup G bersama Kedah Darul Aman FC (Malaysia), Kaya FC Iloilo (Filipina), dan Visakha FC (Kamboja). Grup tersebut sejatinya tergolong mudah bagi tim asuhan Stefano Cugurra.

Jajang Mulyana membawa Bali United memimpin 1-0 atas Kaya FC Iloilo (Foto: Bali United)
Jajang Mulyana membawa Bali United menang 1-0 atas Kaya FC Iloilo (Foto: Bali United)

Bali United sukses membuka turnamen dengan baik ketika mereka berhasil mengalahkan Kedah Darul Aman FC dengan skor 2- 0. Sayangnya, Serdadu Tridatu justru takluk dari Visakha FC dengan skor 2-5 di laga kedua.

Hasil negatif tersebut membuat peluang mereka lolos ke semifinal zona ASEAN semakin mengecil. Terlebih lagi, hanya tiga juara masing-masing grup dan satu runner-up terbaik yang berhak melangkah ke babak selanjutnya.

Sejumlah kelemahan turut andil dalam kegagalan Bali United di edisi kali ini. Faktor pertama adalah kelelahan karena jadwal yang padat. Lagi-lagi, Bali United memandang sebelah mata turnamen bergengsi Asia tersebut. Serdadu Tridatu kembali mencoba peruntungan di Piala Presiden 2022.

Skuad inti pun sempat diturunkan di turnamen pramusim tersebut. Akibatnya, mereka justru kelelahan ketika tampil di AFC Cup 2022. Celakanya, skuad Bali United didominasi oleh pemain yang sudah berumur.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1928 seconds [13]