logo
Tim Nasional | Detail

ANALISIS – Jangan Banyak Mengeluh, Shin Tae-yong!

Abdul Haris
Selasa, 17 Januari 2023, 16:31 WIB
ANALISIS – Jangan Banyak Mengeluh, Shin Tae-yong!
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Foto: Hadi Febriansyah/sportstars.id)

JAKARTAShin Tae-yong (STY) mengeluhkan kualitas pemain Timnas Indonesia usai kembali gagal meraih trofi. Ya, sejak dikasih mandat sebagai pelatih Tim Garuda pada 1 Januari 2020 belum ada satu pun titel yang bisa dipersembahkan arsitek berusia 52 tahun itu. 

Terkini, arsitek asal Korea Selatan itu gagal menuntaskan ambisi Timnas Indonesia juara Piala AFF 2022. Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan terhenti di semifinal setelah kalah agregat 0-2 dari Vietnam. 

Lagi-lagi trofi sepak bola antarnegara ASEAN itu dibawa pulang Timnas Thailand untuk ketujuh kalinya. Padahal, tim Gajah Perang datang tanpa skuad inti. Banyak pemain utama seperti Chanathip Songkrasin yang absen. 

Memang, STY tak bisa membawa semua pemain yang diinginkannya seperti Elkan Baggott dan Sandy Walsh yang urung tampil karena harus membela klubnya. Namun, itu bukan alasan. Sebab, dilihat dari kedalaman tim, skuad Timnas Indonesia pada Piala AFF 2022 lebih bagus ketimbang edisi sebelumnya saat jadi finalis. 

Daftar Agenda Timnas Indonesia di Tahun 2023. (Foto: Instagram/@jordiamat5).
Jordy Amat (4) dan Marc Klok (23) menjadikan skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 lebih mentereng ketimbang edisi sebelumnya. (Foto: Instagram/@jordiamat5).

Edisi kali ini, STY membawa dua pemain naturalisasi, yakni Marc Klok, dan Ilija Spasojevic, plus satu pemain keturunan, Jordy Amat. Keberadaan ketiganya plus pemain pribumi lain membuat Tim Garuda sudah cukup mewah. 

Lihat, Timnas Thailand yang datang tanpa tim inti saja bisa juara. Minus Chanathip Songkrasin, Pelatih Alexandre Polking sukses cari solusi menjadikan Theerathon Bunmathan yang aslinya bek kiri diplot sebagai playmaker. 

Sementara STY dengan skuad mewah untuk level ASEAN masih menggerutu soal kualitas pemain. Kepada media Korea Selatan, Naver, dia menceritakan betapa sulitnya mengatur psikologis pemain Timnas Indonesia. Menurutnya, para pemain Tim Garuda tak punya mental yang kuat. 

Selain itu, kepada Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, STY juga mengeluhkan kualitas pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Dia merasa kualitas pemain Timnas Indonesia kurang bagus.

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1874 seconds [12]