Tim Nasional | Detail

ANALISIS - Belum Bikin Gol, Striker Timnas Indonesia Ngapain Saja?

Abdul Haris
Rabu, 17 November 2021, 14:08 WIB
ANALISIS - Belum Bikin Gol, Striker Timnas Indonesia <i>Ngapain</i> Saja?
Striker Timnas Indonesia Ezra Walian (12) mencoba menembus pertahanan Afghanistan pada uji coba Internasional di Gloria Sports Arena, Antalya, Selasa (16/11/2021) malam WIB. (Foto: PSSI)

LEMAHNYA daya gedor menjadi titik lemah Timnas Indonesia di tangan Shin Tae-yong. Itu terlihat dari beberapa laga uji coba yang dilakoni Tim Garuda

Terkini, Timnas Indonesia takluk 0-1 dari Afghanistan pada uji coba Internasional di Gloria Sports Arena, Antalya, Selasa (16/11/2021) malam WIB.

Itu menjadi laga kedelapan Tim Garuda sejak ditangani Shin Tae-yong. Mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu direkrut pada 28 Desember 2019. 

Dari delapan pertandingan di era Shin Tae-yong, Timnas Indonesia hanya memetik dua kali kemenangan, keduanya atas Taiwan pada playoff Kualifikasi Piala Asia 2023, Oktober lalu. 

Sisanya, Evan Dimas dkk sekali seri atas Thailand (2-2), dan lima kali kalah, dua kali kontra Afghanistan (2-3 dan 0-1), kemudian Oman (1-3), Vietnam (0-4), dan Uni Emirat Arab (0-5).

Dari segi produktivitas, daya gedor pasukan Shin Tae-yong masih kurang memuaskan. Hanya sepuluh gol tercipta, dan 19 kali kebobolan. 

Kapten Timnas Indonesia, Evan Dimas (6), merayakan golnya ke gawang Thailand pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis (3/6/2021) malam WIB. (Foto: PSSI)
Kapten Timnas Indonesia, Evan Dimas (6), merayakan golnya ke gawang Thailand pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis (3/6/2021) malam WIB. (Foto: PSSI)

Yang menyedihkan, dari jumlah sepuluh gol yang dilesakkan, tidak ada satu pun tercatat atas nama striker. Justru Evan Dimas yang berposisi sebagai gelandang jadi pemain paling produktif di Timnas Indonesia era Shin Tae-yong. 

Ya, gelandang yang bawa Indonesia juara Piala AFF U-19 2013 itu sudah menyumbangkan tiga gol. Egy Maulana Vikri yang biasa beroperasi di sayap ada di posisi kedua dengan dua gol. 

Sisanya, masing-masing satu gol dari Adam Alis, Kadek Agung, Ramai Rumakiek, Ricky Kambuaya, dan Witan Sulaeman. 

Lho, strikernya ngapain saja? 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.4008 seconds [12]