Liga Italia | Detail

ANALISIS - AC Milan Scudetto 2021-2022, Anomali Prestasi di Era Sepak Bola Modern

Hendry Kurniawan
Senin, 23 Mei 2022, 14:20 WIB
ANALISIS - AC Milan Scudetto 2021-2022, Anomali Prestasi di Era Sepak Bola Modern
AC Milan juara Liga Italia 2021-2022 (Media AC Milan)

KEBERHASILAN AC Milan menjuarai Liga Italia 2021-2022 (Scudetto) adalah sebuah anomali prestasi di era sepak bola modern. Karena pada umumnya tim-tim yang mampu menjadi kampiun di era sepak bola sekarang adalah mereka yang memiliki kekuatan uang fantastis.

Di sisi lain, AC Milan adalah klub yang sedang berjuang untuk memulihkan kondisi keuangan mereka. Milan memang merupakan raksasa sepak bola di masa lalu. Namun, mereka mulai memasuki banter era sejak 2012.

AC Milan mengalami permasalahan finansial pada 2012 sehingga mereka harus melepas dua sosok penting di tim, Zlatan Ibrahimovic dan Thiago Silva. Kondisi semakin diperparah karena para pemain veteran yang selama ini menjadi tulang punggung seperti Filippo Inzaghi dan Gennaro Gattuso juga harus angkat kaki mengingat sudah tidak muda lagi.

Game Over AC Milan
Game Over AC Milan

Dengan kata lain, AC Milan dituntut untuk melakukan revolusi instan. Ditambah dengan persoalan keuangan yang belum selesai, Adriano Galliani yang biasanya menjadi jenius transfer Rossoneri tak bisa menjalankan tugasnya dengan maksimal. Alhasil, Milan hanya bisa mencomot pemain seadanya.

AC Milan yang dulu disegani karena berisikan pemain-pemain top seperti Paolo Maldini, Alessandro Nesta, hingga Andriy Shevchenko, justru kemudian diisi oleh sosok-sosok yang tak jelas dari mana asalnya semisal Kevin Constant, Bakaye Traore, dan Taye Taiwo.

Permasalahan finansial, perekrutan pemain yang buruk, penggawa yang tidak kompeten, serta hilangnya mentalitas pemenang menjadi komposisi yang pada akhirnya membuat Rossoneri absen di Liga Champions untuk waktu yang lama.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1310 seconds [12]