logo
Tim Nasional | Detail

Analisa Faktor Penyebab Kegagalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Muammar Yahya Herdana
Rabu, 18 Januari 2023, 06:30 WIB
Analisa Faktor Penyebab Kegagalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022
Bek Timnas Indonesia, Jordi Amat, beraksi menghalau striker Timnas Vietnam Nguyen Tien Linh pada laga leg II semifinal Piala AFF 2022 di Stadion My Dinh, Hanoi, Senin (9/1/2023) malam WIB (Foto: AFF Mitsubishi Electric Cup)

JAKARTA - Timnas Indonesia telah gagal menjuarai ajang Piala AFF 2022. Beberapa faktor pun menjadi penyebab mengapa tim asuhan Shin Tae-yong tersebut gagal juara Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia harus terhenti di babak semifinal setelah dikalahkan Vietnam. Timnas Indonesia harus menyerah dengan agregat 0-2.

Salah satu faktor yang menyebabkan kegagalan Timnas Indonesia adalah kurangnya mentalitas kemampuan para pemain terutama dalam melakukan finishing. Sejak babak penyisihan grup, Garuda memang boros peluang untuk mencetak sebuah gol.

Witan Sulaeman gagal membawa Timnas Indonesia unggul atas Timnas Thailand padahal gawang lawan sudah kosong (Foto: Twitter/@affmecup)

Hal tersebut juga ditunjukan Timnas Indonesia di semifinal melawan Vietnam. Di leg pertama, Indonesia yang mampu menguasai bola lebih baik hanya dapat membuat empat tembakan dan hanya satu yang mengarah ke gawang.

Di leg kedua, Indonesia yang menjalani laga tandang sebenarnya mampu bermain lebih agresif dengan menciptakan sembilan tembakan. Sayangnya, tidak ada satupun dari peluang tersebut yang dapat mengarah ke gawang Vietnam.

Shin Tae-yong pun juga sudah berulang kali menyayangkan atas banyaknya peluang yang disia-siakan Timnas Indonesia sejak awal turnamen. Bahkan, banyak yang menilai para pemain Indonesia kerap egois di lapangan sehingga tidak dapat memaksimalkan peluang.

Selain itu, jadwal pertandingan yang cukup padat tentu menjadi salah satu penyebab kurang maksimalnya permainan Timnas Indonesia. Dengan jarak antar pertandingan yang hanya kurang lebih tiga hari, tentu melakoni laga dengan sistem kandang-tandang membuat energi para pemain terkuras.

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1915 seconds [13]