logo
Tim Nasional | Detail

Alexandre Polking Terancam Dipecat, Thailand Disarankan Rekrut Pelatih Asal Korsel

Basudiwa Supraja
Jum'at, 23 September 2022, 15:30 WIB
Alexandre Polking Terancam Dipecat, Thailand Disarankan Rekrut Pelatih Asal Korsel
Pelatih Timnas Thailand U-23, Alexandre Polking, melancarkan protes di pinggir lapangan (Foto: Reuters/Chalinee Thirasupa)

CHIANG MAI - Pelatih Timnas Thailand Alexandre Polking, terancam dipecat. Hal itu menyusul kekalahan memalukan Thailand dari Malaysia di turnamen Kings Cup 2022. Padahal, Thailand diperkuat sejumlah pemain bintangnya yang berkarier di Liga Jepang seperti Chanatip Sonkrasin.

Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) kini disarankan untuk merekrut pelatih asal Korea Selatan. Tuntutan itu pun datang langsung dari para penggemar mereka yang menilai adanya penurunan performa Timnas Thailand saat ini.

Seperti diketahui, Thailand tumbang dengan skor 3-5 dari Malaysia lewat adu penalti setelah imbang 1-1. Kekalahan itu juga membuat Skuad Gajah Perang-julukan Thailand- itu turun empat peringkat di FIFA Ranking, 111 ke-115.

Adapun Malaysia justru naik tiga tingkat dari 148 ke-145 ranking dunia melansir dari Football Ranking. Para suporter Timnas Thailand pun menuntut Polking untuk dipecat.

"Jangan banyak minta maaf, tanggung jawab, Pelatih Mano Polking! Ayo saatnya gunakan pelatih Korea!" tulis salah satu penggemar Thailand di media sosial, mengutip dari The Thao, Jumat (23/9/2022).

Tren pelatih Korea Selatan kini telah menyebar di Asia Tenggara. Sudah ada tiga negara yang menggunakan jasa pelatih asal Negeri Gingseng tersebut.

Vietnam bahkan mengontrak dua jasa pelatih Korea Selatan untuk tim senior dan U-23 mereka yakni Park Hang-seo dan Gong Oh-kyun. Adapun Timnas Indonesia sudah memboyong Shin Tae-yong sejak awal 2020 lalu untuk tiga tim sekaligus yakni U-19, U-23, dan senior.

Kiprah Shin Tae-yong di Timnas Indonesia berhasil menggoda Malaysia. Skuad Negeri Jiran itu pun juga ikut mendatangkan pelatih asal Korea Selatan mantan Wakil Presiden Federasi Sepak Bola Korsel (KFF), Kim Pan-gon, Januari lalu.

Kini, giliran Thailand yang termakan tren pelatih asal Korea Selatan tersebut. Hal itu tentu berkaca dari pencapaian Park Hang-seo yang sukses membawa Vietnam menjadi tim terkuat di Asia Tenggara saat ini, Shin Tae-yong yang mampu membawa dua Timnas Indonesia (U-19 dan senior) ke Piala Asia 2023, atau Kim Pan-gon yang baru saja sukses mengalahkan mereka.
 

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1676 seconds [13]