logo
MotoGP | Detail

Alasan Kenapa Motor di MotoGP Tidak Ada Kaca Spion: Tidak Praktis!

Wikku D. Nugroho
Kamis, 12 Januari 2023, 20:57 WIB
Alasan Kenapa Motor di MotoGP Tidak Ada Kaca Spion: Tidak Praktis!
Alasan Kenapa Motor di MotoGP Tidak Ada Kaca Spion. (Foto: MotoGP).

JAKARTA - Alasan kenapa motor di MotoGP tidak ada kaca spion menarik untuk diulas kali ini. Jika ingin selamat berkendara haruslah menggunakan perlengkapan motor yang sesuai standar. Salah satunya dengan memasang kaca spion. 

Sudah banyak diketahui, mengapa penggunaan perlengkapan kaca spion sangat penting dalam berkendara. Benda itu digunakan untuk mengetahui kondisi jalan di belakang kosong atau tidak kala ingin berpindah dari lajur kiri ke lajur kanan. 

Namun sayangnya, banyak sekali pengendara motor yang mengabaikan hal itu. Kebanyakan para pengendara motor tidak memasang kaca spion di motor mereka. Akibatnya, terjadilah kecelakaan lalu lintas yang dapat merugikan diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya. 

Dibalik semua itu, pernahkah berpikir mengapa motor di MotoGP tidak memasang kaca spion. Ingin tahu alasannya? Berikut ini Sportstars.id akan berikan ulasan mengenai alasan kenapa motor di MotoGP tidak ada kaca spion;

Replika Motor Pembalap MotoGP Marc Marquez

Alasan Kenapa Motor di MotoGP Tidak Ada Kaca Spion

Setelah ditelusuri ternyata pemasangan kaca spion di motor MotoGP justru tidak aman dapat membahayakan para rider. Pasalnya pemasangan kaca di MotoGP dinilai tidak aerodinamis dan juga tidak praktis. Tak hanya itu, kaca spion ternyata rentan pecah. 

Apabila kaca spion pecah, maka pecahan-pecahan kaca dari spion itu berpotensi akan mengganggu laju balap motor MotoGP yang dapat mencapai kecepatan 300km/jam. Selain itu, kaca spion tidak memiliki tempat di motor MotoGP lantaran rider bergerak secara konstan ketika belok. 

Para rider MotoGP bisa menoleh kebelakang sepersekian detik tanpa bantuan kaca spion. Hal itu dilakukan para rider untuk melihat rider mana yang berada tepat di belakangnya. Melihat kondisi itu sangat tidak mungkin bagi MotoGP memasang kaca spion. 

Alasan terakhir mengapa pemasangan kaca spion tidak diperlukan karena lutut dan siku rider MotoGP harus rapat di trek lurus, kepala menyentuh tangki.

Sementara badannya harus senantiasa melakukan gerakan kecil ke kiri ataupu ke kanan ketika membelok. Tentu saja tidak ada tempat bagi spion untuk dipasangan di Motor MotoGP. 

Demikian ulasan mengenai alasan kenapa motor di MotoGP tidak ada kaca spion. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca setia Sportstars.id dimanapun berada. 

Editor : Hafid Fuad

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1940 seconds [12]