logo
F1 | Detail

Ahli Strategi Red Bull Ungkap Kunci Sukses Max Verstappen Juarai F1 GP Hungaria 2022

Maulana Yusuf
Rabu, 03 Agustus 2022, 13:46 WIB
Ahli Strategi Red Bull Ungkap Kunci Sukses Max Verstappen Juarai F1 GP Hungaria 2022
Max Verstappen (Red Bull Racing) mengangkat trofi juara F1 GP Hungaria 2022 (Foto: Reuters/Bernadett Szabo)

MOGYOROD - Kepala Divisi Strategi Balap Red Bull Racing, Hannah Schmitz, mengungkap kunci sukses Max Verstappen memenangi lomba F1 GP Hungaria 2022, Minggu 31 Juli silam. Padahal, pembalap berpaspor Belanda itu memulai balapan di Sirkuit Hungaroring, Mogyorod, itu dari posisi 10.

Sekadar informasi, Verstappen mengalami nasib sial pada babak ketiga kualifikasi F1 GP Hungaria 2022, sehari sebelumnya. Mesin mobilnya bermasalah sehingga gagal mencetak waktu satu putaran terbaik. Dia pun harus rela memulai seri ke-12 F1 2022 tersebut dari baris kelima.

Namun, Verstappen dapat melaju kencang. Strategi yang tepat, terutama timing pit stop serta pemilihan ban, ditambah kebodohan dari Scuderia Ferrari, berkontribusi pada kemenangan brilian tersebut. Tentu, strategi Red Bull itu tidak terlepas dari buah pikir Schmitz.

Kru Red Bull Racing mengganti ban di mobil Max Verstappen pada F1 GP Hungaria 2022 (Foto: Reuters/Attila Kisbenedek)
Kru Red Bull Racing mengganti ban di mobil Max Verstappen pada F1 GP Hungaria 2022 (Foto: Reuters/Attila Kisbenedek)

Usai balapan, Schmitz membocorkan bagaimana Red Bull turut membantu Verstappen naik dari posisi 10 hingga ke puncak. Salah satunya, Red Bull memasang ban yang tepat untuk Verstappen dan Sergio Perez sejak start. 

“Jadi, karena kami mulai keluar dari posisi, salah satu strategi yang mungkin lebih klasik untuk dilakukan adalah memulai dengan ban yang lebih keras dan melaju lebih lama terutama dengan menyalip yang jauh lebih sulit di Hungaria, jadi itulah rencana kami," ungkap Schmitz, dilansir dari laman resmi F1, Rabu (3/8/2022).

“Tetapi kami juga sebenarnya telah berbicara banyak sebelum balapan tentang jika kondisinya agak lembab, dan sangat dingin seperti sebelumnya, kami dapat mempertimbangkan ban lunak sebagai alternatif karena itu mungkin lebih baik dalam kondisi dan lap tersebut ke grid," imbuhnya.

"Kedua pembalap sangat vokal tentang memiliki grip yang hampir tidak ada meskipun mereka sudah menggunakan ban lunak," tukasnya.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1593 seconds [12]