logo
Tim Nasional | Detail

AFF Disebut Abaikan Protes Indonesia di Piala AFF U-19 2022

Rifqi Herjoko
Senin, 18 Juli 2022, 07:28 WIB
AFF Disebut Abaikan Protes Indonesia di Piala AFF U-19 2022
Vietnam U-19 untuk sementara masih ditahan imbang oleh Thailand U-19 dalam lanjutan Piala AFF U-19 2022. (FOTO: Twitter @AFFPresse)

JAKARTA PSSI sempat menyampaikan protes resmi usai gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Namun, keluhan itu tampaknya diabaikan oleh Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF).

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-19 gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 karena aturan head to head. Skuad Garuda Muda tersingkir karena Vietnam dan Thailand memiliki catatan head to head yang lebih baik.

Namun demikian, laga pamungkas Vietnam dan Thailand justru membuat publik Tanah Air kesal. Laga tersebut menjadi penentu kelolosan ketiga tim, tetapi Vietnam dan Thailand tampak bermain mata dengan menurunkan tempo permainan mereka.

Situasi itu membuat PSSI mengajukan surat protes resmi ke AFF. Federasi juga mengirim video pertandingan Thailand vs Vietnam sebagai bukti pengaduan tersebut. PSSI juga tidak lupa mengirimkan salinan ke AFC dan FIFA.

Namun demikian, belum ada tanggapan apapun dari AFF hingga kini. Media Vietnam lantas menyebut bahwa AFF mengabaikan protes Indonesia terkait laga yang dianggap kontroversi tersebut.

“AFF mengabaikan keluhan Indonesia. Hampir satu minggu setelah mengirim surat (protes), PSSI masih belum mendapatkan tanggapan dari AFF,” bunyi pernyataan dari Bongda24h, Senin (18/7/2022).

Saat ini, Piala AFF U-19 telah berakhir. Malaysia U-19 menjadi juara usai menang 2-0 atas Laos di babak final. Di sisi lain, Thailand dan Vietnam justru tersingkir di babak semifinal.

Timnas Indonesia U-19 langsung mengalihkan fokus ke Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang digelar September mendatang. Namun demikian, pelatih Shin Tae-yong tengah kembali ke Korea Selatan untuk beristirahat dan bertemu keluarga terlebih dahulu, sebelum kembali memimpin Skuad Garuda Muda.

Editor : Hadi Febriansyah

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1584 seconds [12]