logo
MotoGP | Detail

Ada Sprint Race, MotoGP Jelaskan Format Baru Pekan Balapan 2023

Rio Eristiawan
Minggu, 18 September 2022, 07:02 WIB
Ada <i>Sprint Race</i>, MotoGP Jelaskan Format Baru Pekan Balapan 2023
Start balapan MotoGP Indonesia 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika (Foto: MPI/Arif Julianto)

ALCANIZ - Pihak MotoGP akhirnya menjelaskan seperti apa format pekan balapan pada musim depan. Seperti diketahui, agenda Sprint Race resmi ditambahkan Dorna Sports, IRTA, dan FIM pada MotoGP 2023 demi menambah keseruan.

Kendati Sprint Race ditanggapi negatif oleh banyak pembalap, ketiga stakeholder itu tetap bergeming dengan keputusannya. MotoGP lantas menjelaskan format pekan balapan untuk musim depan jelang lomba MotoGP Aragon 2022, Sabtu (17/9/2022).

Sprint Race dijadwalkan berlangsung Sabtu pada pekan balapan. Berbeda dengan F1, Sprint Race di MotoGP tidak akan berpengaruh pada posisi grid untuk balapan di hari Minggu. Itu artinya, hasil kualifikasi akan digunakan untuk start sprint race dan balapan.

Serupa dengan F1, Sprint Race MotoGP punya jarak tempuh yang lebih pendek dibandingkan balapan normal. Nantinya, Marc Marquez dan kawan-kawan hanya melangsungkan balapan dengan total 50% jumlah putaran dari lomba di akhir pekan.

Format baru pekan balapan MotoGP 2023 (Foto: Twitter/@MotoGP)
Format baru pekan balapan MotoGP 2023 (Foto: Twitter/@MotoGP)

Ambil contoh pada MotoGP Indonesia 2022, di mana lap yang ditentukan adalah 27 putaran. Itu artinya, Sprint Race di GP Indonesia berlangsung sebanyak 13 atau 14 putaran. 

Untuk perolehan poin, pemenang Sprint Race akan mendapatkan 12 poin. Posisi dua bakal mendapat sembilan poin, lalu peringkat tiga dihadiahi tujuh poin. Mulai posisi empat hingga sembilan, masing-masing mendapat delapan poin, enam poin, dan seterusnya.

Masuknya Sprint Race jelas mengubah jadwal pekan balapan MotoGP. Sesi latihan bebas (FP) hanya akan terjadi tiga kali saja dari yang biasanya empat. FP1 dan FP2 tetap digelar pada Jumat. Catatan waktu kombinasi dari FP1 dan FP2 akan menjadi penentu peserta babak kualifikasi.

Lalu, FP3 akan berlangsung pada Sabtu dan diadakan sebelum kualifikasi. Sesi FP3 akan berlangsung Sabtu pagi, sedangkan Sprint Race pada sore hari. Balapan sendiri tetap berlangsung di hari Minggu.

Editor : Wikanto Arungbudoyo

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1716 seconds [13]