Tim Nasional | Detail

Ada Empat Negara ASEAN di Piala Asia 2023, Siapa yang Terbaik?

Maulana Yusuf
Selasa, 21 Juni 2022, 20:30 WIB
Ada Empat Negara ASEAN di Piala Asia 2023, Siapa yang Terbaik?
Marc Klok merayakan kelolosan ke putaran final Piala Asia 2023 (Foto: Instagram/@marcklok)

SEJARAH kembali dicatatkan oleh negara Asia Tenggara (ASEAN) di kancah sepak bola level Asia 2023 ini. Pada hajatan Piala Asia kali ini, empat negara ASEAN berhasil lolos, mereka adalah Indonesia, Vietnam, Malaysia, dan Thailand.

Ini adalah kali pertama ada empat tim asal Asia Tenggara secara bersamaan lolos Piala Asia sejak tahun 2007 silam. Pertama, Vietnam memastikan diri terlebih dahulu lolos ke Piala Asia 2023 melalui fase kedua tanpa jalur kualifikasi. 

Setelah itu, Thailand, Malaysia, dan Timnas Indonesia menyusul setelah melalui babak kualifikasi dengan menjadi runner-up terbaik. Namun ada yang berbeda antara Piala Asia 2023 dan Piala Asia 2007 silam. 

Timnas Malaysia vs Bangladesh di Kualifikasi Piala Asia 2023 (Foto: FA Malaysia)
Timnas Malaysia vs Bangladesh di Kualifikasi Piala Asia 2023 (Foto: FA Malaysia)

Di Piala Asia 2007, keempat negara ASEAN itu lolos ke putaran final setelah menjadi tuan rumah bersama. Sementara itu, pada Piala Asia 2023 nanti terdapat persaingan menarik antara pelatih dari ketiga negara. 

Di mana, Vietnam, Timnas Indonesia, dan Malaysia sama-sama dinahkodai oleh pelatih asal Korea Selatan. Memang, kontribusi Park Hang-seo di Vietnam bisa dibilang paling menonjol. 

Sebab, ia bukan hanya memajukan sepak bola Vietnam, juga memancing Malaysia dan Timnas Indonesia untuk melakukan hal yang serupa.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1411 seconds [12]