logo
Bola Lainnya | Detail

Ada 5 Kekalahan Paling Memalukan dalam Sejarah Sepak Bola: Nomor 1 Paling Ekstrim

Okta Novanto
Kamis, 22 September 2022, 22:40 WIB
Ada 5 Kekalahan Paling Memalukan dalam Sejarah Sepak Bola: Nomor 1 Paling Ekstrim
Xavi Hernandez dalam El Clasico 2010 yang bersejarah (Sumber: Instagram).

JAKARTA- Terdapat 5 kekalahan paling memalukan dalam sejarah sepak bola yang membuat siapapun prihatin. Alih-alih menyajikan pertandingan yang sengit, justru menampilkan kepiluan.

Terlebih jika laga tersebut dilakoni oleh dua tim besar bahkan dua negara yang membawa harga diri bangsa. Bola memang bulat, maka dari itu apapun bisa terjadi termasuk pesta gol bagi salah satu tim.

Kekalahan paling memalukan dalam sepak bola merupakan kekalahan kontras yang terjadi pada laga tim besar maupun timnas. Kepedihannya pernah diterima oleh American Samoa yang dibabat habis dengan skor 31-0.

Berikut informasi mengenai 5 kekalahan paling memalukan dalam sejarah sepak bola yang telah Sportstars.id rangkum dari berbagai sumber;

Kekalahan Paling Memalukan dalam Sejarah Sepak Bola

  1. Manchester United 8-2 Arsenal

Kekalahan terbesar (Sumber: Instagram)

Liga Inggris pernah digemparkan akibat keganasan MU. Tidak terprediksi sebelumnya, Arsenal dilibas habis pada laga tandang di Old Trafford, 28 Agustus 2011. Padahal musim belum lama bergulir, namun the Gunners sudah merasakan pahit dengan menelan kekalahan telak.

Saat itu, Arsenal baru ditinggalkan Cesc Fabregas dan Samir Nasri. Robin van Persie sebagai mesin gol, dan Carl Jenkinson, Johan Djourou, Laurent Koscielny, serta Armand Traore sebagai kuartet di lini belakang tak mampu menahan bombardir dari MU.

  1. Barcelona 5-0 Real Madrid

Gerard Pique El Clasico 2010 (Sumber: Instagram)

Laga ini menjadi kenangan pedih bagi Real Madrid, kala itu mereka masih ditukangi oleh Jose Mourinho.  Pada 29 November 2010, Madrid datang ke Camp Nou sangat percaya diri karena baru saja win streak 10 kali di Liga Spanyol

Namun sayangnya, bak singa yang kelaparan Barcelona menginjak-injak Los Blancos dengan lima kali merobek gawangnya. Lima gol yang tercipta pada El-Clasico kala itu dicetak Xavi Hernandez pada menit ke 9, Pedro pada menit ke-17, David Villa pada menit ke-54 dan 56, serta Jeffren pada menit pamungkas.

  1. Manchester United 1-6 Manchester City

Manchester City membuat Setan Merah memiliki pengalaman kekalahan terburuk yang terjadi di Stadion Old Trafford atau kandangnya sendiri, sejak Februari 1955. Pada laga yang dihelat 23 Februari 2011 itu, Man United masih ditangani sosok legendaris Sir Alex Ferguson. Sedangkan Man City ditukangi Roberto Mancini.

Musim tersebut memang City sedang top perform karena pada akhirnya, mereka juara dengan keunggulan selisih gol atas Man United beberapa bulan kemudian.

  1. Brasil 1-7 Jerman

Mesut Ozil membawa Timnas Jerman juara Piala Dunia 2014. (Foto: daily active)

Brasil sebagai pemegang rekor juara dunia lima kali harus bertekuk lutut dihadapan Jerman, ironisnya kekalahan memalukan tersebut terjadi di kandang sendiri, Belo Horizonte, Brasil, dalam semifinal Piala Dunia 2014.

Pertandingan ini menjadi bukti bagi keganasan ujung tombak Der Panzer saat itu, Miroslav Klose yang juga keluar sebagai top skor. Pertandingan baru berjalan 30 menit saja papa skor sudah menunjukan angka 5-0. Le Selecao harus menahan malu karena hasil tersebut merupakan marjin kekalahan terbesar selama turut serta di Piala Dunia.

Tak dipungkiri, Jerman memang sedang bertabur mega bintang karena akhirnya mereka berhasil mengangkat trofi akbar pada tahun tersebut dengan mengalahkan Argentina 1-0.

  1. Australia 31-0 American Samoa

Kekalahan terbesar (Sumber: Instagram)

Pertandingan ini menjadi kekalahan terbesar dan memalukan dalam sejarah sepak bola profesional. Tak dipungkiri saat itu statistik keduanya sangat jomplang tetapi harus bertemu di kualifikasi zona Oceania untuk Piala Dunia 2002 pada 11 April 2001.

American Samoa menjalani laga ini dengan skuad yang tak lengkap karena 19 pemain mereka tak bisa terbang ke Australia lantaran masalah paspor.
Sementara para pemain pendukung dari tim U-20 tak bisa tampil karena harus mengikuti ujian sekolah.

Hal tersebut membuat striker Australia, Archie Thompson memanen 13 gol. Atas hasil yang nahas itu, FIFA memberlakukan putaran pendahuluan untuk zona Oceania, sehingga Australia pindah zona kualifikasi ke Asia agar mendapat perlawanan setimpal.

Demikian informasi mengenai kekalahan paling memalukan dalam sejarah sepak bola, semoga dapat menambah wawasan bagi pembaca setia Sportstars.id .

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1780 seconds [12]