logo
F1 | Detail

Ada 23 Seri Balapan pada F1 2023, Verstappen Mulai Pikirkan Pensiun

Fitradian Dhimas Kurniawan
Rabu, 28 Desember 2022, 21:35 WIB
Ada 23 Seri Balapan pada F1 2023, Verstappen Mulai Pikirkan Pensiun
Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen mulai memikirkan pensiun dari F1. (Foto: REUTERS)

MONACO - Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen mulai memikirkan pensiun dari F1. Hal itu tak lepas dari banyaknya balapan yang harus dijalani pada F1 2023.

Meski baru berusia 25 tahun, Verstappen telah berkompetisi di 163 balapan sejak menjadi debutan termuda F1 pada 2015 lalu di usia 17. Rekor itu akan sulit dipecahkan, karena aturan FIA yang baru mengharuskan seorang pembalap memiliki usia minimal 18 tahun untuk tampil di F1.

Sekarang, pembalap asal Belanda itu pun tengah menikmati kesuksesan dalam kariernya. Dia baru saja merengkuh gelar juara F1 keduanya di musim 2022 setelah juga menang pada tahun lalu.

Terlepas dari prestasinya yang gemilang bersama Red Bull, Verstappen mengisyaratkan tak akan lama-lama di F1. Ia pun mulai berpikir soal pensiun.

“Kategori teratas ini membutuhkan banyak pengorbanan. Rasanya sulit bagi saya balapan hingga usia 40 tahun. Saya menikmati berada di rumah dan dapat beristirahat,” kata Verstappen dikutip Speedweek, Rabu (28/12/2022).

Pembalap keturunan Belanda-Belgia tersebut mengakui jika banyaknya perjalanan yang harus dilakukan membuatnya lelah. Terlebih dengan kalender dengan jumlah 23 balapan pada F1 2023. 

“Saya harus melakukan banyak perjalanan di F1, dan hal itu tak sehat. Akan datang waktunya saat saya merasa cukup. Saya sadar ini terdengar aneh, karena bersaing di kategori teratas. Tetapi, saya ingin berkompetisi, selama menyenangkan,” ujarnya.

“Hingga saat itu tiba, saya akan tampil maksimal. Namun, saya tidak menutup kemungkinan untuk melakukan sesuatu yang berbeda,” tutur Verstappen.
 

Editor : Coro Mountana

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.1822 seconds [13]