logo
Ragam Lainnya | Detail

8 Unsur Sikap Pasang Pencak Silat, Bela Diri Asli Indonesia

Tim Sportstars
Selasa, 27 September 2022, 16:36 WIB
 8 Unsur Sikap Pasang Pencak Silat, Bela Diri Asli Indonesia
Kegiatan olahraga bela diri harus memahami tentang unsur-unsur sikap pasang dalam pencak silat di Festival Seni Bela Diri Pencak Silat Kodam I/Bukit Barisan. (Foto: @bukitbarisan_1)

JAKARTA  - Dalam melakukan kegiatan olahraga bela diri terutama pencak silat, harus memahami tentang unsur-unsur sikap pasang dalam pencak silat. Saat ini pencak silat sebagai salah satu cabang olahraga yang tersebar luas di Asia Tenggara bahkan di Dunia.

Sikap pasang adalah sebuah teknik sikap dan gerak kesiapsiagaan dalam menghadapi lawan untuk melakukan pembelaan atau serangan yang berpola, dan dilakukan pada awal atau akhir dari rangkaian gerak. Sikap pasang merupakan kelanjutan dari sikap kuda-kuda sekaligus merupakan sikap penting dalam melakukan bela serang pada pertandingan pencak silat.

Dilansir dari jurnal milik Universitas Negeri Yogyakarta yang berjudul “Melatih Sikap dan Gerak Dasar Pencak Silat Bagi Pesilat Pemula” karya Agung Nugroho, A.M., berikut ini Sportstars.id telah merangkumnya dalam delapan unsur sikap pasang dalam pencak silat.

Sasaran memukul lawan dalam pencak silat sangat penting untuk mendapatkan kemenangan. (Foto: @SilatIndonesia)

Unsur-unsur Sikap Pasang Pencak Silat

  1. Sikap pasang 1, yaitu kuda-kuda depan dengan kaki kiri bagian depan ditekuk rileks. Posisi badan berdiri tegak dengan kedua tangan rileks di depan dada. Pandangan lurus ke depan.
  2. Sikap pasang 2, adalah kuda-kuda depan yang dilanjutkan dengan badan dan kaki tumpu depan diputar 45 derajat ke arah kiri. Sedangkan kaki belakang sedikit jinjit.
  3. Sikap pasang 3, yaitu gerakan kuda-kuda depan yang dilanjutkan dengan kaki kanan belakang, lalu ditarik serong kanan. Serta kedua tangan rileks di depan dada.
  4. Sikap pasang 4, adalah kuda-kuda yang tumpuan berat badannya ada di celah pangkal kedua paha. Posisi badan tegak dan pandangan lurus ke depan serta kedua tangan rileks di depan ada.
  5. Sikap pasang 5, adalah kuda-kuda silang belakang yaitu melangkahkan kaki kanan ke depan lalu dilanjutkan menyilangkan kaki kiri di belakang kaki kanan sehingga berat badan bertumpu di kaki kanan. Kemudian, pandangan menyamping serta kedua tangan rileks di depan dada.
  6. Sikap pasang 6, adalah kuda-kuda tengah menyamping pandangan ke arah samping kiri serta kedua tangan rileks di depan dada.
  7. Sikap pasang 7, merupakan kuda-kuda silang depan, dimana kaki bagian kanan disilangkan ke depan kaki kiri. Kemudian, pandangan ke arah samping kiri serta kedua tangan rileks di depan dada.
  8. Sikap pasang 8, yaitu mengangkat kaki kiri dan kanan sebagai tumpuan. Pandangan lurus ke depan dan letakkan kedua tangan rileks di depan dada.

Itulah kedelapan unsur sikap pasang dalam pencak silat. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan bagi para pembaca setia Sportstars.id. (Antika Fahira)

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1787 seconds [12]