logo
MotoGP | Detail

Ada 8 Tim MotoGP dengan Gelar Juara Terbanyak: Nomor 1 Sulit Dikejar!

Okta Novanto
Senin, 05 September 2022, 17:15 WIB
Ada 8 Tim MotoGP dengan Gelar Juara Terbanyak: Nomor 1 Sulit Dikejar!
Tim Repsol Honda masih unggul dalam pencapaian gelar juara terbanyak (Foto: Honda Racing Corporation).

JAKARTA - Sebanyak 8 tim MotoGP dengan gelar juara terbanyak menjadi sorotan publik penggemar balap motor sedunia. MotoGP merupakan kelas tertinggi dari olahraga balap motor di dunia. Ajang paling prestisius ini membuat jutaan pasang mata dari penjuru dunia memberikannya atensi.

Di dalam perhelatannya terdapat banyak pembalap yang dinaungi oleh sebuah tim. Tim MotoGP bertugas menyediakan pembalap dan memfasilitasinya mulai dari kendaraan, helm, sepatu, dan lain sebagainya.

Suatu kebanggaan bagi tim MotoGP jika dapat menjuarainya karena kejuaraan berlangsung setahun dengan akumulasi poin. Atas dasar itulah yang keluar sebagai juara benar-benar yang terbaik dari yang terbaik.

Tim manakah yang memiliki gelar juara terbanyak? Berikut informasi mengenai Tim MotoGP dengan gelar juara terbanyak yang telah sportstars rangkum dari berbagai sumber;

Daftar Tim MotoGP Dengan Gelar Juara Terbanyak

  1. AJS – 1 Gelar

AJS atau A.J. Stevens & Co. Ltd merupakan Tim MotoGP pertama yang menyabet gelar MotoGP. Namun gelarnya tersebut merupakan yang pertama dan terakhir. Pembalap dari Tim MotoGP A.J.Stevens & Co. Ltd saat itu adalah Leslie Graham.

  1. Norton - 1 Gelar

Norton merupakan motor pabrikan Inggris. Mereka membentuk tim dan mulai berlaga di MotoGP pada 1949. Gelar juara pertamannya diraih pada 1951, gelar tersebut juga menjadi satu-satunya trofi yang dapat dikoleksi. Tim MotoGP Norton memutuskan berhenti dari kompetisi MotoGP sejak 1971.

  1. Ducati - 1 Gelar

Casey Stoner. (Foto: Istimewa)

Tim MotoGP ini terkenal akan top speed motornya yang di atas rata-rata. Meski begitu Ducati hanya mampu mencetak satu gelar juara pada 2007 melalui pembalap andalannya saat itu, Casey Stoner.

Ducati seringkali mengakhiri musim dengan poin yang nyaris mendapatkan gelar juara dalam beberapa musim terakhir, tetapi gagal karena Marquez dan Quartararo yang terlalu over power.

Pada musim 2022, Ducati bertumpu pada Francesco Bagnaia untuk meraih gelar juara kedua mereka. Kemungkinan lebih terbuka karena saat ini per September 2022 berada di peringkat kedua.

  1. Gilera - 6 Gelar

Tim MotoGP Gilera melakukan debutnya pada 1949. Gilera telah mengoleksi enam gelar juara dunia. Namun seiring perkembangan teknologi, Gilera tidak mampu bersaing dalam MotoGP sehingga mundur pada 1967.

  1. Suzuki - 7 Gelar

Joan Mir di MotoGP Jerman 2022 (Foto: Suzuki Ecstar)

Tim MotoGP Suzuki ada di posisi keempat dengan mengoleksi tujuh gelar juara. Gelar juara terakhir Suzuki diraih oleh Joan Mir pada 2020 silam. Sangat disayangkan Suzuki memutuskan mundur dari MotoGP pada akhir musim 2022 karena masalah finansial.

  1. Yamaha - 18 Gelar

Fabio Quartararo

Sudah tidak asing lagi tim ini di telinga penggemar MotoGP, Yamaha sejauh ini sudah mengoleksi 18 gelar juara. Merk Yamaha menjadi melonjak eksposurnya karena performa dari Valentino Rossi. Setelah Rossi, Yamaha sudah memiliki pembalap andalan baru yaitu Fabio Quartararo.

Saat ini Fabio menjadi juara bertahan MotoGP. 

  1. MV Agusta - 18 Gelar

Posisi kedua pemilik gelar juara terbanyak adalah Tim MotoGP MV Agusta yang telah mengoleksi 18 gelar juara. Hebatnya, 17 gelar juaranya diraih secara beruntun pada 1958 hingga 1974 pada era 500cc 4-tak.

  1. Honda - 21 Gelar

Marc Marquez (Repsol Honda) siap ikut tes di Misano (Foto: Honda Racing Corporation)

Tim MotoGp Repsol Honda ada di posisi pertama dalam daftar ini. Honda pertama kali mendapatkan gelar juara pada 1983 melalui pembalap mereka, Freddie Spence. Total trofi juara dunia Honda saat ini terkoleksi 21.

Sebanyak enam di antaranya diraih oleh Marc Marquez yang kini absen usai menjalani operasi pada lengan kanannya. Catatan honda tersebut relatif sulit dikejar karena hanya Yamaha yang memiliki potensi untuk mengejarnya meskipun terpaut 3 gelar.

Demikian informasi mengenai Tim MotoGP dengan gelar juara terbanyak, semoga dapat menambah wawasan bagi pembaca setia sportstars.

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1831 seconds [13]