logo
Ragam Lainnya | Detail

8 Jenis Sepeda Motor di Indonesia, Mana Andalanmu?

Intan Rachmasari
Rabu, 14 September 2022, 01:10 WIB
 8 Jenis Sepeda Motor di Indonesia, Mana Andalanmu?
Motor 250cc XMAX yang memiliki daya tarik (Sumber: Instagram).

JAKARTA - Ada 8 jenis sepeda motor di Indonesia yang perlu dikenali. Karena sepeda motor menjadi salah satu moda transportasi yang paling umum digunakan oleh masyarakat dari berbagai lapisan di Indonesia. 

Sepeda motor menjadi salah satu kendaraan yang dinilai cukup efisien dengan bentuk yang ramping dan laju kecepatan dengan jarak tempuh yang tinggi. Di Indonesia sendiri ada 8 jenis sepeda motor yang disesuaikan oleh model dan fungsinya. 

Dilansir dari beberapa sumber, Sportstars.id akan mengulas 8 jenis sepeda motor di Indonesia. Berikut informasinya; 

Daftar Jenis Sepeda Motor di Indonesia

  1. Motor Bebek (Cub)

Ribuan Aremania mengawal perjalanan Arema FC dari memasuki Kota Malang hingga mes pemain (Foto: MPI/Avirista Midaada)

Motor bebek adalah jenis sepeda motor yang paling umum dan sudah ada di Indonesia sejak dulu. Motor dengan transmisi manual atau biasa disebut ‘motor gigi’ memiliki desain yang ramping dengan mesin yang cukup tangguh untuk digunakan sehari hari.

Desain ramping khas motor bebek ini biasa dikenal dengan istilah "step-through" di Barat.  

  1. Skuter 

Selanjutnya ada sepeda motor jenis skuter yang saat ini mendominasi pasar sepeda motor Asia, khususnya di Indonesia. Semenjak dikenal di Indonesia, para pengguna motor bebek banyak beralih ke sepeda motor skuter ini. 

Skuter atau biasa kita kenal dengan ‘Motor Matic’ ini menggunakan transmisi otomatis yang memudahkan para penggunanya. Saat ini sepeda motor jenis ini sudah hadir dengan berbagai model, jenis dan kekuatan mesin yang berbeda. 

  1. Dual - Sport 

Balap Motor Enduro

Sepeda motor jenis ini biasanya digunakan untuk menyalurkan hobi berkendara di area yang cukup ekstrim. Karena pada dasarnya motor jenis ini bisa digunakan di aspal (on road) ataupun jalur tanah (off road). Tapi sejauh ini tak sedikit orang yang menggunakan motor jenis ini sebagai kendaraan sehari hari. 

  1. Naked - Bike 

Naked - Bike biasa digunakan kaum pria karena tampil dengan bodi yang besar dan kekuatan mesin yang cukup tangguh. Sepeda motor Naked - Bike ini memiliki tangki bensin di bagian depan, sehingga terlihat besar di bagian kemudi. 

  1. Sportbike

Kru menyiapkan motor Alex Marquez

Motor dengan bodi besar ini memang biasa digunakan pada ajang balap motor seperti Moto Grand Prix. Memiliki bodi yang cukup besar, namun siapa sangka motor ini didesain dengan bobot yang cukup ringan dan membuat para pengendaranya merasa nyaman. 

  1. Retro 

Presiden Jokowi Pamer Motor Custom

Motor bergaya klasik ini biasa diminati oleh para kolektor sepeda motor. Memiliki tampilan dan desain yang unik, membuat motor ini banyak diminati berdasarkan unsur estetikanya. Namun tak jarang orang menggunakan jenis motor ini sebagai kendaraan harian. 

  1. Cruiser

Motor 250c Kawasaki (Sumber: Instagram)

Jenis motor ini memang cukup jarang ditemukan di jalanan setiap hari, karena jenis motor ini tidak diperuntukan untuk kegiatan harian. Karena motor ini memiliki bobot yang cukup berat, sehingga mengendarainya pun berbeda dengan sepeda motor pada umumnya.

Selain itu motor ini juga dikenal memiliki kekuatan tenaga mesin yang cukup besar, sehingga kendaraan jenis ini biasanya digunakan untuk menempuh perjalanan jauh. 

  1. Motor Touring 

Yamaha Cooper BMS termasuk salah satu motor termahal di dunia. (Sumber: travellora).

Pada dasarnya semua jenis motor bisa digunakan untuk melakukan touring, tapi jenis motor ini memang dikhususkan untuk perjalanan jauh. Sehingga motor ini dibekali dengan mesin dan bodi yang kuat untuk menunjang performanya. 

Demikian informasi mengenai 8 jenis sepeda motor di Indonesia perlu dikenali. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.id. 
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1577 seconds [12]