logo
Basket | Detail

7 Pola Penyerangan dalam Olahraga Bola Basket

Tim Sportstars
Jum'at, 30 September 2022, 20:15 WIB
7 Pola Penyerangan dalam Olahraga Bola Basket
Boston Celtics vs Golden State Warriors di Final NBA 2021-2022 (Reuters)

ARTIKEL kali ini akan mengulas seputar pola penyerangan dalam olahraga bola basket. Bola basket merupakan jenis permainan bola besar asal Amerika Serikat yang digandrungi oleh banyak orang dan menjadi olahraga yang kerap kali dipertandingkan di beberapa turnamen bergengsi.

Dalam permainan bola basket, terdapat pola penyerangan atau biasa disebut dengan offense. Offense merupakan teknik menyerang yang dilakukan oleh pebasket dengan kemampuan penguasaan bola yang dimiliki.

Dilansir dari laman Rookie Road pada Kamis (29/9/2022), pola penyerangan bola basket terdiri dari zona, transisi, fleksibel, tekanan, menyebar, segitiga, dan pick and roll. Berikut ini Sportstars.id telah merangkumnya dalam tujuh pola penyerangan bola basket beserta gambarnya.

Pola Penyerangan Bola Basket

1. Pola Penyerangan Zona (Basketball Zone Offense)

Dalam pola penyerangan zona, pemain yang bertugas untuk menyerang biasanya ditugaskan di area lapangan. Pola penyerangan zona menggunakan strategi bertahan, dimana nantinya salah satu pemain bergerak di antara celah zona pertahanan tersebut.

2. Pola Penyerangan Transisi (Basketball Transition Offense)

Pola penyerangan ini berfokus pada transisi dari pertahanan ke penyerangan saat tim menguasai bola. Transition offense juga bisa dianggap sebagai pola penyerangan fast break, karena dapat membuat keadaan bola tenang saat dalam situasi satu lawan satu, dua lawan satu, hingga tiga lawan dua.

3. Pola Penyerangan Fleksibel (Flex Offense)

Pola penyerangan fleksibel atau flex offense pertama kali diperkenalkan pada tahun 1970-an. Pola penyerangan jenis ini dirancang untuk mendapatkan bola ke tangan pemain penyerang yang dapat menciptakan peluang tembakan cepat.

4. Pola Penyerangan Tekanan (Press Breaks/Press Offense)

Pola penyerangan tekanan digunakan untuk melawan serangan tekanan yang dilakukan oleh tim lawan. Tujuannya, untuk menahan gempuran dan tekanan dari serangan bertubi-tubi hingga dapat mencetak poin sebagai hasilnya.

5. Pola Penyerangan Menyebar (Spread Offense)

Pola penyerangan menyebar atau spread offense merupakan skema penyerangan yang melibatkan satu tim pebasket yang beranggotakan lima orang.
Pada pola penyerangan ini, semua pemain menyebar ke sekeliling lapangan dengan tujuan untuk menciptakan peluang mencetak poin.

6. Pola Penyerangan Segitiga (Triangle Offense)

Triangle offense merupakan pola penyerangan bola basket yang membutuhkan tiga orang pemain untuk membentuk segitiga. Sementara itu, dua pemain lainnya bergerak bebas di area lapangan.

7. Pola Penyerangan Pick and Roll (Pick and Roll Offense)

Pola penyerangan pick and roll adalah strategi dimana pemain yang bertugas melakukan serangan melakukan perlindungan kepada rekan setimnya.
Nantinya, rekan setimnya itu menggunakan perlindungan tersebut untuk menggiring bola basket di area lapangan.

Itulah tadi informasi mengenai pola penyerangan bola basket beserta gambarnya. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca setia Sportstars.id. (Antika Fahira)

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2013 seconds [13]