logo
Bola Lainnya | Detail

7 Pesepak Bola yang Jadi Korban Rasisme, Nomor 1 Kasus Terbaru

Wikku D. Nugroho
Selasa, 20 September 2022, 16:58 WIB
7 Pesepak Bola yang Jadi Korban Rasisme, Nomor 1 Kasus Terbaru
Vinicius Junior termasuk salah satu pesepakbola yang menjadi korban rasisme. (Foto: Planet Football).

JAKARTA- Pesepak bola yang jadi korban rasisme menjadi topik hangat perbincangan para pecinta sepak bola dunia. Rasisme menjadi salah satu hal yang belum bisa dihilangkan sepenuhnya dalam dunia sepak bola. 

Banyak pesepakbola dunia yang sering menjadi korban dari tindakan rasisme yang dilakukan oleh kelompok tim sendiri maupun tim lawan. Hal itu tentu saja menjadi suatu hal yang dapat merusak citra dan keindahan sepak bola. 

Namun kampanye "Say No to Racism" sepertinya hanya sebuah slogan dan belum bisa menghilangkan hal rasisme dari dunia si kulit bundar. Siapa saja pesepak bola yang jadi korban rasisme? Berikut ini Sportsars.id akan berikan ulasan lengkapnya!

Pesepak Bola yang Jadi Korban Rasisme

  1. Karim Benzema

Karim Benzema

Pesepak bola yang jadi korban rasisme diawali dari nama pemain Real Madrid, Karim Benzema. Dirinya berhasil memenangkan sejumlah trofi bergengsi bersama klub berjuluk Los Blancos tersebut. 

Namun di balik kesuksesannya itu, pemain asal Prancis itu pernah menjadi korban rasisme dari para fans Timnas Prancis. Hal itu ditengarai skandal yang terjadi antara Karim Benzema dengan rekan setimnya di Timnas Prancis yakni Mathiau Valbuena.

Bahkan dirinya sempat mengatakan, jika dia bermain baik maka akan dianggap sebagai orang Prancis. Namun jika bermain buruk akan dicap sebagai orang Arab. 

  1. Mario Balotelli

Roberto Mancini saat berselisih dengan Mario Balotelli di sesi latihan Manchester City (Foto: The Guardian)

Nama Mario Balotelli sepertinya tidak pernah jauh dari kata kontroversial. Selain sering bermasalah dengan klub yang dibelanya, dirinya juga kerap mendapatkan tindakan rasisme dari banyak orang. 

Ketika bermain di Inter Milan, Mario Balotelli memang pernah menjadi korban rasisme dari para pendukung tim lawan. Hal itu dikarenakan orang Italia berkulit putih yang menganggap rendah orang berkulit hitam. 

Bukan sekali ini saja mantan penyerang Timnas Italia tersebut menjadi korban rasisme. Mario Balotelli pernah mendapatkan perlakuan serupa ketika membela klub Ligue 1, Bastia. Namun dirinya juga kecewa terhadap Komisi Disiplin Ligue 1 yang tidak serius mengusut kasus tersebut. 

  1. Kevin Prince-Boateng

Kevin-Prince Boateng dengan Melissa Satta (Foto: Istimewa)

Masih dari kompetisi Serie A, kali ini tindakan rasisme pernah dialami oleh mantan pemain AC Milan, Kevin Prince-Boateng. Lagi-lagi permasalahan rasis terkait warna kulit mencoreng citra Serie A. 

Kevin Prince-Boateng menjadi korban rasisme dari para pendukung Pro Patria. Hal itulah yang menjadikan pemain berpaspor Ghana itu memilih hengkang dari AC Milan. 

Kemudian dirinya memilih untuk hengkang ke Schalke 04. Hal itu menjadi suatu usahanya untuk menjauh dari tindakan rasisme yang kerap terjadi di Serie A. 

  1. Edgar Davids

Sebelumnya ada nama pemain legendaris Juventus, Edgar Davids. Rupanya dirinya pernah menjadi korban rasisme. Kala itu dirinya menentang keras strategi dari pelatih Timnas Belanda, Guus Hiddink, yang lebih memilih memainkan pemain kulit putih dibandingkan kulit hitam di Piala Eropa 1996. 

Hal itu ditengarai sebagai buntut dari desakan para pendukung kulit putih untuk memainkan Dennis Bergkamp. Di sisi lain, pendukung kulit hitam mendesak sang pelatih untuk memainkan Patrick Kluivert. Karena protes kerasnya itulah membuat Edgar Davids dicoret dari daftar skuad De Oranje

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1646 seconds [12]