logo
Ragam Lainnya | Detail

7 Perguruan Pencak Silat Paling Ditakuti di Indonesia, Wajib Dilestarikan

Intan Rachmasari
Kamis, 22 September 2022, 19:15 WIB
7 Perguruan Pencak Silat Paling Ditakuti di Indonesia, Wajib Dilestarikan
Cara melakukan tendangan dalam pencak silat (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Sejauh ini ada 7 perguruan pencak silat paling ditakuti di Indonesia hingga saat ini. Pencak silat merupakan seni bela diri khas Indonesia yang saat ini cukup dikenal di Asia. 

Seni bela diri khas Nusantara ini terdiri dari beberapa gerakan dasar seperti pukulan, tendangan, tangkisan, guntingan dan kuda - kuda. Selain gerakan dasar tersebut, pencak silat memiliki beberapa variasi kombinasi beberapa gerakan. 

Pencak silat dikenal dengan cara menghadapi pergerakan lawan dan mengeksploitasi kelemahan lawan dengan cepat. Gerakan dasar seperti pukulan, tendangan, tangkisan, guntingan dan kuda - kuda adalah cara yang menjadikan pencak silat termasuk bela diri yang mematikan. 

Dilansir dari beberapa sumber, Sportstars.id akan mengulas 7 perguruan pencak silat paling ditakuti di Indonesia. Berikut informasinya ; 

Perguruan Pencak Silat Paling Ditakuti di Indonesia

  1. Tapak Suci Putera Muhammadiyah

Silat Tapak Suci Putera Muhammadiyah (Sumber: Instagram)

Tapak Suci menjadi salah satu perguruan pencak silat paling ditakuti di Indonesia. Tapak Suci pertama kali didirikan di Yogyakarta pada 31 Juli 1963. Perguruan ini dikenal mengajarkan beberapa jurus kepada anggotanya.

Beberapa jurus yang dikenal dari Tapak Suci diantaranya adalah; Jurus Mawar, Jurus Katak, Jurus Naga Jurus Ikan, Jurus Lembu, Jurus Rajawali, Jurus Merpati dan Jurus Harimau.

Tak heran jika perguruan ini  termasuk 10 besar Perguruan Historis IPSI yang sangat disegani dan dilestarikan.

  1. Perisai Putih 

Silat Perisai Putih (Sumber: Instagram)

Perisai Putih adalah perguruan pencak silat yang cukup disegani di Indonesia. Pertama kali didirikan di Madura oleh tiga tokoh R. Ahmad Boestami Barasoebrata, S. Himantoro, FX Siswadi pada tanggal 1 Januari 1967.

Saat ini Perisai Putih sudah merambah perkembangan ke berbagai wilayah di Indonesia seperti Jawa Tengah dan Jawa Barat. Hingga kini Perisai Putih termasuk dalam top 10 perguruan historis yang patut dilestarikan.

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1714 seconds [12]