logo
Hobi | Detail

7 Pemilik Klub Terkaya di Dunia, Siapa yang Nomor 1?

Intan Rachmasari
Senin, 25 Juli 2022, 18:46 WIB
7 Pemilik Klub Terkaya di Dunia, Siapa yang Nomor 1?
Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan adalah salah satu pemilik klub terkaya dunia (Foto: Manchester City).

JAKARTA- 7 pemilik klub terkaya di dunia menjadi informasi yang menarik untuk dibahas kali ini. Kepopuleran sepak bola di mata dunia menjadikan beberapa informasinya dicari tahu oleh banyak orang. 

Tim sepak bola besar kenamaan dunia pasti dimiliki oleh pengusaha kaya raya dari berbagai penjuru dunia. Hal ini banyak membuat orang penasaran seberapa banyak harta yang dimiliki hingga bisa menjadi pemilik klub sepak bola besar. 

Dilansir dari beberapa sumber sportstars akan mengulas informasi 7 pemilik klub terkaya di dunia. Penasaran ada siapa saja? berikut ulasannya.

7 Pemilik Klub Terkaya di Dunia

1. Mohammed bin Salman Pemilik Newcastle United 

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) selangkah lagi menjadi bos baru Newcastle United. (Foto: REUTERS)

Mohamed bin Salman adalah seorang pangeran arab saudi. Dikenal sebagai pengusaha sukses di timur tengah pemilik Public Investment Fund. Pangeran Mohammed bin Salman berhasil mengakuisisi klub asal inggris Newcastle United pada Oktober 2021 dengan mahar sebesar 300 Juta Poundsterling atau sekitar Rp5,6 Triliun. 

Kekayaan yang dimiliki oleh Mohammed bin Salman ini mencapai 320 Miliar Poundsterling atau Rp6.188 Triliun. Kekayaan ini bersumber dari Konsorsium dan juga perusahaan minyak dunia Aramco miliknya.

2. Sheikh Mansour Pemilik Manchester City

Sheikh Mansour adalah pengusaha sukses asal Uni Emirat Arab dengan total kekayaan mencapai 23,3 miliar poundsterling atau setara dengan Rp 450 triliun. Kekayaan cukup fantastis yang dimiliki oleh bos Manchester City mampu membuat tim kebanggaan citizen ini menjadi tim yang disegani. 

Menjadi pemilik Manchester City sejak 2008 sudah banyak prestasi yang didapatkan tim ini. Manchester city telah mengantongi lima trophy Liga Inggris selama kepemimpinan Sheikh Mansour. 

3. Dietrich Mateschitz Pemilik RB Leipzig, RB Salzburg

Dietrich Mateschitz pemilik klub Red Bull (Foto: real-leaders.com)

Pengusaha sukses asal Austria ini adalah pemilik perusahaan besar minuman berenergi Red Bull. Kesuksesannya di sebagai pengusaha minuman berenergi dirinya memiliki kekayaan mencapai 15 miliar poundsterling atau sekitar Rp 291 triliun. 

Dietrich juga tertarik untuk membentuk tim sepak bola pada tahun 2005 dengan nama SV Austria Salzburg. Klub tersebut kemudian berganti nama menjadi Red Bull Salzburg. Pada tahun 2009 dirinya juga membentuk tim sepak bola yang saat ini menjadi tim elite di jerman, RB Leipzig. 

4. Andrea Agnelli Pemilik Juventus 

Andrea Agnelli (Foto: Juventus)

Andrea Agnelli pebisnis terkenal asal Italia yang menjabat sebagai Presiden Juventus. Andrea Agnelli juga dikenal sebagai pejabat di perusahaan otomotif asal Italia, Fiat. 

Dirinya memiliki kekayaan sebesar 15 miliar poundsterling atau setara dengan Rp291 Triliun. Sejak dimiliki oleh Andrea Agnelli mampu membuat Juventus menjadi juara liga italia selama 9 musim. 

5. Roman Abramovich Pemilik Chelsea 

Roman Abramovich

Kesuksesan meningkat sejak Chelsea dipegang Roman Abramovich pada 2003. Seperti diketahui, Chelsea telah memenangkan lima trofi Premier League dan satu gelar Liga Champions sejak Roman Abramovich menjadi pemilik. 

Kekayaan bersih Roman Abramovich diperkirakan mencapai 9 miliar pundsterling, atau sekitar Rs 174 triliun. Kekayaan ini bersumber dari perusahaan petrokimia dan perdagangan minyak dunia miliknya.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1567 seconds [12]