Tim Nasional | Detail

7 Pemain Terancam Dicoret STY Jelang Piala AFF U-19 2022, Ada Wonderkid Persis Solo

Furqon Al Fauzi
Kamis, 23 Juni 2022, 15:46 WIB
7 Pemain Terancam Dicoret STY Jelang Piala AFF U-19 2022, Ada Wonderkid Persis Solo
Shin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia U-19 (Foto: MPI/Aldhi Chandra Setiawan)

JAKARTA Timnas Indonesia U-19 hanya akan diperkuat 23 pemain pada ajang Piala AFF U-19 2022. Itu berarti, akan ada sejumlah pemain yang akan dicoret jelang turnamen tersebut bergulir.

Informasi itu disampaikan langsung oleh pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong, usai memimpin sesi latihan terbaru timnya. Itu berarti, tim pelatih akan menyeleksi lebih jauh siapa saja pemain yang pantas berlaga di ajang usia muda bergengsi tersebut.Sportstars.id coba memprediksi sejumlah pemain yang nantinya tidak akan didaftarkan pelatih asal Korea Selatan tersebut di Piala AFF U-19

Seperti diketahui persaingan menembus skuad utama Timnas Indonesia U-19 memang begitu ketat. Perbedaan kualitas dari para pemain yang dipanggil untuk mengikuti setiap pemusatan latihan diakui Shin Tae-yong memang begitu kecil.

Bahkan mantan pelatih Timnas Korsel tersebut memuji bahwa generasi Timnas Indonesia U-19 untuk Piala Dunia U-20 2023 mendatang ini secara umum lebih baik dari generasi Timnas U-19 yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2021 yang akhirnya batal.

Sesi Latihan Timnas Indonesia U-19 (Foto: Rifqi Herjoko/Sportstars.id)

Kemungkinan tidak dibawanya ke Piala AFF U-19 2022 ini juga karena perbedaan kualitas yang tipis dan kebutuhan akan strategi. Sejumlah pemain yang mendapat banyak menit bermain saat uji coba di Turki, Korsel, dan tampil di Toulon Cup 2022 lalu diyakini bakal menjadi kerangkat tim utama.

Namun beberapa pemain yang belum beruntung harus rela menjadi penonton dan mendukung rekan-rekannya dari luar. Nama pertama yang kemungkinan dicoret oleh Shin Tae-yong adalah striker Bina Taruna Muhammad Faiz Maulana.

Striker jebolan program Garuda Select tersebut juga tak dibawa asisten pelatih Dzenan Radoncic ke ajang Toulon Cup 2022. Faiz merupakan tandem setia striker Timnas U-19 Hokky Caraka di Garuda Select.

Namun Faiz diyakini sulit untuk bersaing memperebutkan tempat di posisi ujung tombak. Hal sama juga diprediksi dialami Rabbani Tasnim. Pemain Borneo FC tersebut bisa jadi salah satu pemain yang tidak diikutsertakan STY di Piala AFF U-19 2022.

Selanjutnya ada nama baru gelandang muda Persija Radzky Syahwal Ginting. Menumpuknya pemain di posisi gelandang dan kualitasnya sudah lebih diketahui oleh tim pelatih membuat peluang Radzky Syahwal Ginting menembus skua utama diyakini tidak mudah.

Ia harus bersaing dengan nama-nama seperti Subhan Fajri, Marselino Ferdinan, Arkhan Fikri, Rafli Asrul, dan bahkan pemain muda yang tengah bersinar di Piala Presiden Zanadin Fariz.

Keempat ada nama penjaga gawana Yogi Hermawan yang kemungkinan tersisih dari persaingan dengan Cahya Supriyadi, Erlangga Setyo, dan Dimas Maulana.

Berikutnya alumni timnas Indonesia U-16 Alexandre Felix Kamuru juga diprediksi tak akan dibawa oleh Shin Tae-yong. Di posisi wing back kiri, dua nama diyakini sudah mendapat jaminan tempat yakni Edgard Amping dan Mikael Alfredo Tata.

Pemain keenam yang mungkin dicoret adalah wonderkid Persis Solo Althaf Indie. Meski cukup bersinar di Piala Presiden 2022, Althaf masih harus bersaing ketat dengan nama-nama yang telah lebih dulu jadi andalan seperti Alfriyanto Nico, Ferdiansyah Cecep, Ronaldo Kwateh, dan Ricky Pratama di posisi winger.

Nama terakhir yang harus rela tak ikut serta di Piala AFF U-19 tahun ini adalah Razzaa Fachrezi. Pemain Persija Jakarta tersebut masih kesulitan mendapat kesempatan reguler tampil dalam setiap laga uji coba Timnas Indonesia U-19.

Daftar 30 pemain Timnas Indonesia U-19 yang dipanggil Shin Tae-yong:
1. Ahmad Rusadi- PS Belitong
2. Alexandro Felix - Barito Putera
3. Alfriyanto Nico - Persija
4. Althaf Indie - Persis Solo
5. Arkhan Fikri - Arema
6. Cahya Supriadi - Persija
7. Dimas Juliono- Persib Bandung
8. Dimas Maulana - Persis Solo
9. Edgard Amping - PSM Makassar
10. Erlangga Setyo - Persis Solo
11. Ferdiansyah Cecep - Persib Bandung
12. Frezy Al Hudaifi - Bhayangkara
13. Hokky Caraka - PSS Sleman
14. Kadek Arel - Bali United
15. Kakang Rudianto - Persib
16. Marcell Januar - Persis Solo
17. Marselino Ferdinan - Persebaya
18. Mikael Alfredo - Waanal Bintuka
19. Muhammad Faiz - Bina Taruna
20. Muhammad Ferarri - Persija
21. Muhammad Rafli Asrul - PSM Makassar
22. Rabbani Siddiq - Borneo
23. Radzky Syahwal - Persija
24. Raka Cahyana - Persija
25. Razzaa Fachrezi - Persija
26. Ricky Pratama - PSM Makassar
27. Ronaldo Kwateh - Madura United
28. Subhan Fajri - Dewa United
29. Yogi Hermawan - Barito Putera
30. Zanadin Fariz - Persis Solo

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1399 seconds [13]