logo
Ragam Lainnya | Detail

Daftar 7 Olahraga Tradisional Unik di Indonesia yang Penting untuk Dilestarikan

Intan Rachmasari
Selasa, 06 September 2022, 22:39 WIB
Daftar 7 Olahraga Tradisional Unik di Indonesia yang Penting untuk Dilestarikan
Atlet pencak silat Indonesia bertanding di SEA Games 2021 (Foto: NOC Indonesia)

JAKARTA - 7 olahraga tradisional unik di Indonesia menambah koleksi kebudayaan yang dimiliki Nusantara. Indonesia tergabung dari berbagai suku dan ras serta keberagaman yang membuat Indonesia memiliki banyak kebudayaan berbeda. 

Salah satunya adalah olahraga tradisional yang merupakan bentuk identitas budaya dan menjadi warisan leluhur yang dimiliki Indonesia. Olahraga tradisional tersebut memang tidak sepopuler olahraga pada umumnya, karena jenis olahraga ini bersifat unik diperlukan keahlian khusus untuk melakukannya. 

Olahraga tradisional unik ini memiliki daya tarik sendiri bagi wisatawan asing atau lokal yang datang ke daerah yang menjadi tuan rumah olahraga unik ini. Selain itu olahraga tradisional unik ini perlu dilestarikan supaya tetap dikenal hingga generasi kedepan. 

Dilansir dari beberapa sumber, Sportstars.id akan mengulas 7 olahraga tradisional unik di Indonesia. Berikut informasinya; 

7 Olahraga Tradisional Unik di Indonesia yang Perlu Dilestarikan

  1. Pencak Silat

Pencak silat merupakan seni bela diri khas Indonesia yang saat ini cukup dikenal di Asia. Seni bela diri khas Nusantara ini terdiri dari beberapa gerakan dasar seperti pukulan, tendangan, tangkisan, guntingan dan kuda - kuda.

Selain gerakan dasar tersebut, pencak silat memiliki beberapa variasi kombinasi beberapa gerakan. Kini pencak silat terdaftar di UNESCO sebagai salah satu warisan budaya tak benda milik Indonesia.

  1. Lompat Batu

Lompat batu alias zawo-zawo dari Nias merupakan olahraga tradisional unik Indonesia (Foto: Dok. Okezone)

Lompat batu adalah salah satu olahraga khas Indonesia yang berasal dari Nias, Sumatera Utara. Olahraga ini terbilang cukup ekstrim, karena seseorang diharuskan melompat melewati batu dengan tinggi 2 meter. 

Dalam budaya Nias, Lompat batu digunakan sebagai tolak ukur tingkat kegigihan karena menurut masyarakat Nias. Karena tradisi lompat batu dipahami dapat menentukan apakah laki laki itu sudah layak menjadi laki laki sejati atau sudah patut mengikuti perang.

  1. Pathol

Pathol adalah salah satu cabang olahraga tradisional gulat asli dari Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Sejatinya olahraga pathol ini mirip seperti olahraga gulat pada umumnya.

Adapun salah satu hal yang wajib dipenuhi dalam pathol ini adalah kedua petarung harus memiliki postur tubuh yang sama. Pemenang ditentukan dari petarung yang berhasil mengunci lawannya paling lama.

  1. Pacu Jalur

Pacu Jalur merupakan sebuah perlombaan mendayung di sungai dengan menggunakan sebuah perahu panjang yang terbuat dari kayu pohon. Olahraga tradisional pacu jalur ini berasal dari Provinsi Riau. 

Pacu jalur awalnya menjadi tradisi budaya lokal yang dipertunjukkan saat acara khusus seperti Maulid Nabi, hari raya idul fitri dan sebagainya. Hingga saat ini Olahraga ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah Sungai Kuntan khususnya. Kini pacu jalur juga dipertandingkan di acara SEA Games dalam beberapa edisi terakhir.

  1. Egrang

Olahraga Tradisional Egrang (Sumber: Instagram)

Egrang adalah salah satu olahraga tradisional unik yang mengharuskan pemainnya berjalan menggunakan kedua belah bambu. Para pemain akan berdiri di atas bambu tersebut dan mulai berjalan. 

Pada awalnya egrang ini digunakan masyarakat Indonesia di beberapa daerah untuk melewati genangan banjir. Jenis olahraga ini sangat dikenal di daerah Jawa Barat dan juga Jawa Tengah.

  1. Jemparingan

Jemparingan adalah olahraga panahan yang bersifat tradisional. Pada awalnya jemparingan ini hanya berkembang dan dimainkan oleh para warga ningrat khas Keraton.

Seiring perkembangan zaman, olahraga panahan yang dimainkan secara duduk ini.bisa dimainkan oleh semua kalangan.

  1. Balap Bakiak 

Olahraga Tradisional Bakiak Sumber: Instagram)

Olahraga balap bakiak adalah olahraga  yang dimainkan oleh berbagai kalangan di masyarakat Indonesia. Olahraga permainan ini dimainkan oleh 3-5 orang. Adapun sendal panjang yang terbuat dari kayu dijadikan sebagai alat untuk bermain balap bakiak.

Dibutuhkan kerja sama tim dan kekompakkan untuk bisa meraih kemenangan dalam olahraga balap bakiak ini.

Demikian informasi mengenai 7 olahraga tradisional unik di Indonesia. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.id

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1722 seconds [12]