Sportainment | Detail

7 Olahraga Tradisional Unik di Indonesia, Seru, dan Bikin Tubuh Sehat

Wikku D. Nugroho
Selasa, 31 Mei 2022, 03:16 WIB
 7 Olahraga Tradisional Unik di Indonesia, Seru, dan Bikin Tubuh Sehat
Lompat batu adalah keunikan budaya Indonesia yang berasal dari Nias (Foto: Dok. Okezone)


JAKARTA-Olahraga tradisional unik di Indonesia jadi topik menarik untuk dibahas kali ini. Beberapa negara di dunia pasti memiliki olahraga tradisional yang unik tidak terkecuali di Indonesia.

Negara di bawah garis khatulistiwa ini selain memiliki keindahan alam yang menakjubkan ternyata juga memiliki olahraga tradisional yang unik dan menarik. 

Olahraga tradisional di Indonesia saat ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan lokal dan mancanegara. Dengan olahraga tradisional, para wisatawan bisa mengenal suatu ciri khas budaya dan daerah dari daerah tersebut. 

Berikut ini akan Sportstars sampaikan informasi Olahraga tradisional unik di Indonesia yang telah dirangkum di bawah ini;

Deretan Olahraga Tradisional Unik di Indonesia

1. Pencak Silat 

Olahraga tradisional unik di Indonesia kali ini diawali dari pencak silat. Olahraga tradisional ini sejatinya sudah berkembang sejak berabad-abad silam. Kini pencak silat terdaftar di UNESCO sebagai salah satu warisan budaya tak benda milik Indonesia.

2. Lompat Batu  

Lompat batu adalah salah satu olahraga khas Indonesia yang berasal dari Nias, Sumatera Utara. Olahraga ini terbilang cukup ekstrim, karena seseorang diharuskan melompati batu dengan tinggi 2 meter.

Saat ini olahraga lompat batu masih sering dimainkan dan ditampilkan di pertunjukkan oleh para masyarakat Nias. Khususnya sebelum acara pernikahan di kalangan masyarakat lokal digelar.

3. Pathol

Olahraga tradisional unik dan menarik selanjutnya adalah pathol. Olahraga pathol ini lahir di era kerajaan Majapahit dan berkembang di daerah Rembang, Jawa Tengah.

Sejatinya olahraga pathol ini mirip seperti olahraga gulat pada umumnya. Adapun salah satu hal yang wajib dipenuhi dalam pathol ini adalah kedua petarung harus memiliki postur tubuh yang sama. Pemenang ditentukan dari petarung yang berhasil mengunci lawannya paling lama. 

4. Pacu Jalur

Provinsi Riau memiliki salah satu olahraga tradisional unik yang bernama pacu jalur. Pacu jalur awalnya menjadi tradisi budaya lokal yang dipertunjukkan saat acara khusus seperti Maulid Nabi, hari raya idul fitri dan sebagainya.

Olahraga ini juga menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah Sungai Kuntan khususnya. Kini pacu jalur juga dipertandingkan di acara SEA Games dalam beberapa edisi terakhir. 

5. Jemparingan

Untuk kamu yang pernah berwisata di DI Yogyakarta pasti mengenal olahraga unik di Indonesia ini. Yap, olahraga ini adalah jemparingan. Pada awalnya jemparingan ini hanya berkembang dan dimainkan oleh para warga ningrat khas Keraton. Namun saat ini semua kalangan boleh memainkan panahan yang dimainkan secara duduk ini. 

6. Terompah

Olahraga terompah ini mirip dengan olahraga bakiak yang sering dimainkan oleh berbagai kalangan di masyarakat Indonesia. Olahraga permainan ini dimainkan oleh 3-5 orang.

Adapun sendal panjang yang terbuat dari kayu dijadikan sebagai alat untuk bermain terompah. Dibutuhkan kerja sama tim dan kekompakkan untuk bisa meraih kemenangan dalam olahraga terompah ini. 

7. Egrang

Pada awalnya egrang ini digunakan masyarakat Indonesia di beberapa daerah untuk melewati genangan banjir. Olahraga permainan egrang ini membutuhkan alat bambu sebagai alat bermainnya.

Untuk memainkan egrang ini diperlukan keseimbangan tubuh dan diperlukan latihan yang ekstra untuk bisa menguasai olahraga permainan satu ini. 

Demikian informasi mengenai Olahraga tradisional unik di Indonesia. Semoga dengan informasi ini para pembaca dapat melestarikan olahraga tradisional di atas agar kelak para penerus generasi bangsa bisa memainkannya. 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1305 seconds [13]