logo
Ragam Lainnya | Detail

Langsung Coba 7 Olahraga Paling Banyak Bakar Kalori, Tekan Risiko Obesitas

Intan Rachmasari
Kamis, 08 September 2022, 00:40 WIB
Langsung Coba 7 Olahraga Paling Banyak Bakar Kalori, Tekan Risiko Obesitas
Bersepeda (Foto: unsplash)

JAKARTA - 7 Olahraga paling banyak bakar kalori ini menjadi solusi untuk meminimalisir resiko obesitas. Olahraga saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern. 

Banyak manfaat yang didapatkan dari melakukan olahraga. Selain untuk menyehatkan tubuh, olahraga juga bisa menjadi sarana hiburan di sela sela kegiatan yang cukup padat. Olahraga dengan intensitas tinggi juga bermanfaat untuk membakar banyak jumlah kalori dalam tubuh. 

Terbakarnya kalori dalam tubuh juga meminimalisir terjadinya penumpukan lemak yang akan mengganggu kesehatan. Dilansir dari beberapa sumber, Sportstars.id akan mengulas 7 olahraga paling banyak bakar kalori. Berikut informasinya;

7 Olahraga Paling Banyak Bakar Kalori, Untuk Meminimalisir Resiko Obesitas

  1. Jogging 

Lari jarak jauh: pengertian, teknik dasar hingga manfaat penting diketahui. (Foto: World‘s Marathon)

Jogging adalah salah satu kegiatan olahraga yang paling mudah dilakukan. Olahraga ini hanya bermodalkan kekuatan kaki untuk berlari dengan tempo yang ringan. Jogging adalah jenis olahraga yang dapat memberikan banyak manfaat, meskipun terkesan ringan. 

Jogging bisa dilakukan dimana saja tanpa memerlukan adanya alat penunjang tertentu. Kegiatan ini juga diketahui berdampak besar untuk membakar kadar kalori dalam tubuh. Rutin melakukan jogging akan efektif menjaga kesehatan. 

  1. Bersepeda

Bersepeda juga bermanfaat untuk membakar kalori pada tubuh secara maksimal apabila dilakukan secara rutin. Selain itu, bersepeda juga termasuk jenis olahraga yang bisa dilakukan secara individu.

Semakin banyak energi yang dikeluarkan untuk bersepeda, semakin banyak kalori yang dibakar tubuh Anda, dihitung berdasarkan berat rute, kecepatan, dan waktu yang dihabiskan. Bersepeda dapat membakar sekitar 400-700 kalori per jam.

  1. Lompat Tali

Lompat Tali (Foto: ledleisure.co.uk)

Lompat tali adalah jenis olahraga rumahan yang paling mudah untuk dilakukan. Tidak perlu datang ke pusat kebugaran, lompat tali bisa dilakukan dimana saja. Lompat tali adalah olahraga peninggi badan yang paling umum diketahui orang orang.

Olahraga ini berpusat pada kekuatan otot kaki dan lengan. Lompat tali juga dapat melepaskan hormon pertumbuhan ke seluruh  tubuh, termasuk tubuh bagian bawah. lompat tali ini dapat membantu Anda membakar 115 kalori per jam.

  1. Berenang 

Jenis olahraga satu ini juga efektif untuk memperbaiki mental seseorang. Kegiatan renang yang terfokus pada gerakan gerakan tubuh juga dapat mengalihkan perhatian kita dari beberapa masalah yang menyebabkan stres. 

Tidak mengeluarkan keringat, namun dapat membakar sebanyak 840 kalori setiap satu jam. Gerakan dalam olahraga renang membutuhkan energi yang banyak sehingga pembakaran kalori dapat terjadi.

  1. Zumba 

Lomba SKJ (Senam Kebugaran Jasmani) se Kota Batu bertempat di GOR Gajah Mada, Kota Batu, Sabtu (2/11/2019). (Foto: prokopim.batukota.go.id)

Zumba adalah jenis senam yang dilakukan dengan musik sebagai pengiringnya. Gerakan dari senam ini bersifat energik yang dipercaya dapat meningkatkan hormon endorfin atau hormon rasa bahagia untuk seseorang.

Selain itu gerakan yang dihasilkan dalam olahraga zumba bersifat energik, sehingga zumba dikenal sebagai salah satu olahraga untuk membakar kalori. 

  1. HIIT 

Hiit atau high intensity interval training merupakan latihan interval menggunakan intensitas tinggi yang berdurasi waktu pendek. Latihan hiit ini biasanya dilakukan dengan durasi waktu 10 hingga 30 menit.

Untuk hasil yang lebih baik, coba untuk merutinkan olahraga hiit cardio ini sebanyak 3 hingga 5 kali per minggu. Beberapa gerakan hiit cardio yang bisa dilakukan dengan mandiri di rumah antara lain, push up, sit up, jumping jacks, plank, lunges dan beberapa gerakan lainnya. Olahraga ini cukup efektif untuk membakar jumlah kalori dalam tubuh. 

  1. Angkat Beban 

Angkat beban termasuk olahraga jenis anaerobik. Manfaat dari angkat beban adalah untuk meningkatkan massa otot dan memperbaiki komposisi tubuh.

Dengan mengangkat beban secara rutin dan konsisten, kalori pada tubuh akan mudah terbakar serta otot akan mudah terbentuk. 

Demikian informasi mengenai 7 Olahraga paling banyak bakar kalori ini menjadi solusi untuk meminimalisir resiko obesitas. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.id


 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1660 seconds [12]