logo
Sportainment | Detail

Ada 7 Mantan Pesepak Bola yang Berstatus Pejabat Negara, Nama Pele Wajib Masuk

Intan Rachmasari
Rabu, 11 Januari 2023, 20:34 WIB
Ada 7 Mantan Pesepak Bola yang Berstatus Pejabat Negara, Nama Pele Wajib Masuk
Pele salah satu legenda sepak bola yang pernah menjadi pejabat negara. (Foto: SKY Sports).

JAKARTA - Setidaknya ada 7 mantan pesepak bola yang berstatus pejabat negara dan menarik diulas pada artikel ini. Nyatanya profesi menjadi pemain sepak bola memang tidak bisa berlangsung seumur hidup.  

Setelah gantung sepatu, banyak pemain sepak bola yang beralih profesi dan meninggalkan dunia sepak bola. Meski beberapa dari mereka ada yang melanjutkan karir sebagai pelatih, namun kebanyakan setelah pensiun para pesepak bola ini banting setir mencari peruntungan lain. 

Sejauh ini ada beberapa pemain sepak bola yang malah melanjutkan karir di dunia politik. bahkan diantaranya pernah mengemban tugas sebagai pejabat negara. Lantas ada siapa saja?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Sportstars.id akan mengulas informasinya ; 

Mantan Pesepak Bola yang Berstatus Pejabat Negara

  1. Hakan Sukur 

Hakan Sukur (Sumber: Instagram)

Hakan SUkur adalah mantan pesepak bola legendaris asal Turki yang kini memilih jalan karir sebagai pejabat negara setelah gantung sepatu. Mantan striker Inter Milan ini dikenal dengan deretan prestasinya kala aktif di dunia sepak bola. 

Dirinya memutuskan untuk gantung sepatu pada musim 2008/2009 dari klub terakhirnya Galatasaray di Liga Turki. Kemudian di tahun 2011 Hakan Sukur memutuskan untuk mendalami dunia politik dan menjabat sebagai anggota parlemen. 

  1. Grzegorz Lato 

Grzegorz Lato (Sumber: Instagram)

Selanjutnya ada Grzegorz Lato yang juga memutuskan terjun ke dunia politik selepas gantung sepatu. Mantan penggawa Timnas Polandia ini dikenal sebagai pemain yang baik terlebih dirinya berhasil menyabet gelar top skor di Piala Dunia 1974. 

Memutuskan pensiun pada musim 1984/1985 bersama klub terakhirnya Atlante di Liga Meksiko. Mantan pemain sayap ini banting setir ke dunia politik dan menjabat sebagai senator dari Partai Demokrat di tahun 2001.

Kemudian dirinya juga pernah memangku jabatan sebagai Presiden Federasi Sepak Bola Polandia. 

  1. Zico 

Zico

Mantan gelandang serang Timnas Brasil ini juga pernah mengemban tugas sebagai pejabat negara selepas masa pensiunnya di dunia sepak bola. Zico memilih gantung sepatu pada musim 1994/1995 dari klub terakhirnya yakni Kashima Antlers di Liga Jepang. 

Zico pernah menjabat sebagai Menteri Olahraga Brasil. Meski memiliki segudang inovasi untuk memajukan dunia persepakbolaan Brasil, nampaknya Zico kurang mendapat banyak dukungan sehingga masa jabatannya hanya sebentar. 

  1. Romario 

Romario de Souza Faria (Foto: Transfermarkt)

Tak hanya Zico, mantan gelandang serang Timnas Brasil yang pernah menjadi pemain terbaik dalam ajang Piala Dunia 1994 ini juga terjun ke dunia politik usai pensiun. Namun dirinya harus gantung sepatu pada tahun 2010 silam. 

Selepas masa karirnya di dunia sepak bola Romario terpilih sebagai anggota dewan perwakilan dari partai sosial Brasil. Dirinya juga pernah mencalonkan diri sebagai Gubernur Rio de Janeiro namun dirinya tak banyak mendapat suara dari warganya. 

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2242 seconds [12]