logo
Basket | Detail

Ini 7 Manfaat Bermain Bola Basket, Tidak Cuma Bikin Tinggi

Intan Rachmasari
Kamis, 08 September 2022, 23:40 WIB
Ini 7 Manfaat Bermain Bola Basket, Tidak Cuma Bikin Tinggi
Permainan Bola Basket (Foto: REUTERS)

JAKARTA - Manfaat bermain bola basket ternyata tidak hanya membuat badan menjadi lebih tinggi. Dibalik itu, ternyata jenis permainan bola besar satu ini banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh dan mental. 

Permainan yang dilakukan secara beregu ini memang menjadikan olahraga ini menjadi salah satu kegiatan asik yang dilakukan untuk sekedar mengisi waktu luang. Selain itu, permainan bola basket juga membuat tubuh bergerak lebih aktif. 

Banyak manfaat yang dihasilkan dari rutin bermain bola basket, berikut Sportstars.id akan mengulas informasinya; 

7 Manfaat Bermain Bola Basket, Ternyata Tidak Cuma Bikin Tinggi

  1. Memperkuat Otot 

Satria Muda Pertamina Jakarta kalahkan Amartha Hangtuah Jakarta dengan skor 82-75 di babak playoff IBL 2022. (FOTO: Instagram @hangtuah.basketball)

Bermain bola basket mengharuskan para pemainnya untuk bergerak dengan cepat, lincah dan penuh kekuatan. Hal ini dikarenakan setiap pergerakan pada permainan bola basket membutuhkan daya tahan otot yang kuat.

Bermain bola basket dinilai efektif dalam membantu memperkuat otot tangan dan kaki apabila rutin dilakukan. 

  1. Menjaga Kesehatan Tulang 

Selain memperkuat daya tahan otot, bermain bola basket juga dinilai mampu menjaga kesehatan tulang. Gerakan aktif yang dilakukan para pemain basket terbukti membuat tulang menjadi lebih kuat. 

Hal ini dikarenakan kadar mineral pada tulang semakin meningkat sehingga tulang akan menjadi lebih pada dan kuat. Kepadatan tulang yang cukup akan membuat tulang semakin kuat dan meminimalisir resiko osteoporosis. 

  1. Menjaga Kesehatan Jantung 

Forward Detroit Pistons Saddiq Bey (41) melakukan bentuk teknik dasar dribble dalam permainan bola basket saat melewati guard Brooklyn Nets Joe Harris. (Foto: Reuters)

Intensitas gerak yang tinggi pada permainan bola basket dapat memacu jantung untuk bekerja lebih keras. Hal ini akan berdampak baik pada kesehatan jantung apabila rutin dilakukan.

Selain itu rutin bermain basket akan membuat tubuh terhindar dari resiko penyakit stroke dan penyakit kardiovaskular.

  1. Membakar Kalori Secara Efektif 

Timnas Basket Indonesia hadapi Yordania di laga lanjutan FIBA Asia Cup 2022 (Foto: Instagram)

Permainan bola basket terdiri dari gerakan yang mengharuskan pemainnya untuk melompat dan berlari. Gerakan gerakan ini dinilai cukup efektif untuk membakar jumlah kalori yang ada dalam tubuh. 

  1. Menurunkan Tekanan Darah 

Manfaat bermain bola basket salah satunya adalah menurunkan tekanan darah pada penderita obesitas. Karena penderita obesitas memiliki tekanan darah yang relatif tinggi dan pacu jantung yang relatif cepat. 

Bermain bola basket secara rutin dan konsisten dapat menurunkan kadar lemak tubuh pada penderita obesitas. Seiring berkurangnya kadar lemak pada tubuh penderita obesitas, maka berat badannya juga akan semakin turun. Semakin turunnya berat badan penderita obesitas, tekanan darah dan detak jantungnya pun akan semakin membaik.

  1. Menjaga Kesehatan Mental 

Selain menjaga kesehatan fisik ada baiknya seseorang juga menjaga kesehatan mentalnya. Beberapa studi mengatakan bahwa olahraga terbukti efektif dapat meningkatkan hormon bahagia sehingga mengurangi rasa stress pada tiap orang. 

Sebuah studi mengatakan bahwa olahraga bermain bola basket dapat membantu peningkatan produksi protein untuk otak brain-derived neurotrophic factor. Rendahnya tingkat protein BDNF berkaitan dengan Bipolar, depresi dan berbagai penyakit mental lainnya.

Meningkatnya produksi protein BDNF dapat mengatur suasana hati seseorang dan meningkatkan fungsi kerja otak manusia. Maka bermain bola basket menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental seseorang.

  1. Mampu Menurunkan Kadar Gula Darah 

Pelita Jaya Bakrie secara heroik mampu menyudahi perlawanan RANS PIK Basketball di gim ketiga Playoff IBL 2022 dengan skor 93-86.  (FOTO: Instagram @pelitajayabasketball)

Beberapa penelitian memberikan hasil bahwa kegiatan bermain bola basket dapat menyembuhkan jenis penyakit diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan bermain bola basket menuntut para pemainnya bergerak secara intensif.

Gerakan intens dalam bermain bola basket ini membuat tubuh memanfaatkan semua cadangan energi, sehingga tidak ada penumpukan cadangan energi berlebih. 

Permainan bola basket juga mampu memperbaiki kondisi resistensi insulin pada tubuh, sehingga seseorang akan terhindar dari masalah diabetes apabila sering bermain bola basket secara rutin dan konsisten.

Demikian informasi mengenai beberapa manfaat bermain bola basket. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.id. 
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1523 seconds [12]