logo
Ragam Lainnya | Detail

Ternyata ada 7 Macam Gaya Renang yang Perlu Diketahui

Intan Rachmasari
Kamis, 25 Agustus 2022, 17:57 WIB
Ternyata ada 7 Macam Gaya Renang yang Perlu Diketahui
Renang Gaya Dada (Foto: Reuters)

JAKARTA - Terdapat 7 macam gaya renang yang perlu diketahui oleh para pemula. Renang adalah salah satu olahraga air yang dilakukan dengan mengombinasikan gerakan tangan dan kaki. 

Renang menjadi salah satu olahraga yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya yang paling awam diketahui adalah untuk menambah tinggi badan. Selain itu, olahraga renang juga dapat menjaga kesehatan, mengencangkan otot tubuh dan menjaga tubuh tetap bugar. 

Tapi perlu diketahui bahwa olahraga renang memiliki 7 gaya yang perlu diketahui. Berikut Sportstars.id berikan ulasannya;

7 Macam Gaya Renang yang Perlu Diketahui

  1. Gaya Punggung

Seorang perenang sedang melakukan salah satu teknik dasar renang gaya punggung. (Foto: Youtube Wicaksono Satrio)

Gaya punggung adalah salah satu gaya yang cukup unik. Biasanya seseorang berenang dengan posisi tubuh menghadap ke air, tapi tidak untuk gaya punggung. Sesuai dengan namanya, gaya punggung yaitu berenang dengan posisi punggung menghadap ke air.

Gaya punggung dilakukan dengan posisi terlentang menghadap ke langit, posisi wajah di luar permukaan air, dengan posisi tangan diputar ke arah belakang secara bergantian dan kaki bergerak mengepak. 

  1. Gaya Bebas

Contoh gerakan renang gaya bebas (Foto: Reuters/Carl Recine)

Gaya bebas adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua lengan bergerak secara bergantian ke arah depan seperti gerakan mengayuh, sementara kedua belah kaki secara bergantian bergerak mengepak naik turun ke atas dan ke bawah.

  1. Gaya Katak / Gaya Dada

Gaya katak atau biasa dikenal dengan gaya dada adalah berenang dengan posisi dada dan wajah menghadap permukaan air. Gerakan ini termasuk gerakan yang paling mudah dilakukan oleh pemula.

Pada gaya katak atau gaya dada ini, posisi kaki mengayuh secara bersamaan seperti kaki katak yang agak sedikit ditekuk pada saat mengayuh. 

Gerakan tangan dan kaki dalam posisi ini dilakukan secara bergantian. Ketika kaki sedang mengayuh maka tangan tidak bergerak dengan posisi lurus.

Sebaliknya jika tangan sedang mengayun,dibarengi dengan posisi kepala untuk mengambil napas di luar air, kemudian posisi kaki tidak bergerak.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1693 seconds [13]