logo
Hobi | Detail

7 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Olahraga dan Penjelasannya

Intan Rachmasari
Sabtu, 23 Juli 2022, 01:00 WIB
7 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Olahraga dan Penjelasannya
Terdapat beberapa manfaat yang harus diketahui sebelum berolahraga (Foto: Istimewa).

JAKARTA-Ada banyak hal yang perlu diketahui tentang olahraga sebelum seseorang aktif untuk melakukan olahraga. Karena olahraga saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern. 

Banyak manfaat yang didapatkan dari melakukan olahraga. Selain untuk menyehatkan tubuh, olahraga juga bisa menjadi sarana hiburan di sela sela kegiatan yang cukup padat. 

Di balik semua itu ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang olahraga. Pada kesempatan kali ini sportstars akan membahas 7 hal yang perlu diketahui tentang olahraga yang telah dirangkum dari berbagai sumber. 

Olahraga di GBK

Berbagai Hal yang Perlu Diketahui Tentang Olahraga

1. Olahraga Dapat Membakar Kalori Tubuh

Segala kegiatan olahraga yang dilakukan dengan maksimal akan membakar jumlah kalori dalam tubuh. Seberapa banyak kalori yang akan terbakar tergantung dengan jenis dan seberapa berat olahraga yang kita lakukan. 

Dilansir dari beberapa sumber kalori yang terbakar dalam olahraga sepak bola sebanyak 420 kalori, bulu tangkis membakar sebanyak 305 kalori, basket membakar sebanyak 370 kalori dan tenis membakar sebanyak 440 kalori. 

2. Olahraga Dapat Meningkatkan Metabolisme Tubuh 

Olahraga dapat meningkatkan pengeluaran energi harian dan pada akhirnya akan mempercepat metabolisme tubuh. Olahraga dinilai dapat membakar kalori, dan semakin banyak berolahraga,  semakin banyak kalori yang terbakar.

Dengan membakar kalori, lebih banyak karbohidrat dan lemak yang dimetabolisme oleh tubuh.

3. Olahraga Dapat Menurunkan Tekanan Darah 

Olahraga dapat menjaga kesehatan jantung, dan dapat menurunkan tekanan darah serta mengurangi resiko komplikasi tekanan darah tinggi.  Selain itu, olahraga secara teratur dapat mengurangi kebutuhan obat anti hipertensi bagi penderita hipertensi. 

Hal ini karena olahraga dapat menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 4-9 mmHg. Ini sama baiknya dengan manfaat minum obat bagi penderita tekanan darah tinggi.

4. Olahraga Dapat Memperbaiki Suasana Hati 

 Kawasan BKT Kembali Dibuka untuk Warga Berolahraga

Selama berolahraga, tubuh kita dapat melepaskan zat kimia endorphin untuk meningkatkan mood dan membuat tubuh dan pikiran  lebih rileks. Sehingga olahraga dapat menjadi alternatif kegiatan yang dapat dilakukan untuk memperbaiki suasana hati seseorang.

5. Olahraga Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Beberapa ahli mengatakan bahwa tingginya kadar kolesterol dalam tubuh diakibatkan oleh kurangnya olahraga dan berat badan yang berlebih. Maka dari itu kegiatan olahraga menjadi sarana untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh yang dapat memicu berbagai macam penyakit. 

6. Olahraga Dapat Menjaga Kesehatan Paru - Paru

Saat berolahraga, kebutuhan oksigen meningkat. Paru-paru harus besar untuk memenuhi kebutuhan oksigen. Aktivitas fisik yang teratur akan meningkatkan  kapasitas vital paru paru.

Tidak hanya meningkatkan jumlah oksigen, tetapi juga memungkinkan tubuh untuk mendistribusikan oksigen lebih efisien.

7. Olahraga Dapat Mengontrol Kadar Gula Darah 

Olahraga di GBK

Seseorang yang melakukan olahraga secara teratur dapat mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Olahraga teratur dapat mencegah resistensi insulin, yang menyebabkan diabetes.

Itu dia  7 hal yang perlu diketahui tentang olahraga. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia sportstars. 
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1508 seconds [12]