logo
Hobi | Detail

7 Gerakan Pilates untuk Pemula

Intan Rachmasari
Selasa, 02 Agustus 2022, 01:40 WIB
7 Gerakan Pilates untuk Pemula 
7 Gerakan Pilates untuk Pemula  (Foto: phillymag.com)

JAKARTA - 7 gerakan pilates untuk pemula wajib untuk diketahui sebelum memulai aktivitas ini. Pasalnya pilates menjadi jenis olahraga yang kian marak digandrungi belakangan ini.

Pilates bermanfaat untuk mencapai berat badan yang ideal dan juga untuk melatih kekuatan dan kelenturan otot-otot inti tubuh. Otot tubuh yang kuat mendukung postur tubuh secara benar. 

Aktivitas dalam pilates mengandalkan berbagai gerakan yang difokuskan pada bagian perut, pinggul, panggul, dan paha. Olahraga jenis ini dapat melatih daya tahan tubuh, kekuatan, serta kelenturan otot tubuh.

Sportstars.id akan memberikan informasi tentang 7 gerakan pilates untuk pemula. Berikut informasinya;

7 Gerakan Pilates untuk Pemula

  1. The Hundred

The Hundred adalah gerakan dasar pilates yang perlu dikuasai oleh pemula. Gerakan ini merupakan gerakan yang paling mudah dilakukan. Gerakan bermanfaat untuk mengencangkan otot otot bagian perut, apabila dilakukan secara rutin. Adapun cara melakukan gerakan The Hundred sebagai berikut :

  • Baringkan tubuh di atas matras.
  • Posisi tangan lurus berada di samping tubuh.
  • Kemudian angkat kedua kaki secara bersamaan, dengan posisi kepala menunduk. 
  • Lalu ayunkan kedua tangan ke atas ke bawah secara bergantian.
  • Lakukan gerakan ini secara berulang untuk hasil maksimal.
  1. Triceps Dips

Gerakan pilates untuk pemula yang kedua adalah triceps dips. Triceps dips dapat dilakukan dengan bantuan kursi atau media lain sebagai tumpuan untuk kedua tangan. Cara melakukan triceps dips seperti berikut :

  • Posisikan badan duduk di atas matras dan membelakangi kursi.
  • Tekuk kedua kaki secara bersamaan sembari tangan memegang kursi.
  • Lakukan gerakan tubuh naik dan turun.
  • Pastikan bagian bokong tidak menyentuh matras saat posisi turun.
  • Lakukan gerakan ini secara berulang.
  1. Roll Up 

Gerakan Roll Up (Foto:pilatesanytime.com)
Gerakan Roll Up (Foto:pilatesanytime.com)

Gerakan selanjutnya adalah Roll Up. Rutin melakukan gerakan roll up akan memperbaiki postur tubuh bagian belakang. Cara melakukannya adalah:

  • Posisi tubuh berbaring di atas matras menghadap langit - langit.
  • Mulai angkat kedua tangan ke udara. 
  • Arahkan tangan seakan akan tangan akan menyentuh kaki dengan posisi punggung menekuk, pastikan dagu untuk menyentuh dada. 
  • Lakukan gerakan ini hingga beberapa kali.
 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1541 seconds [12]