logo
Hobi | Detail

7 Emulator Android Ringan Terbaik 2022: Nomor 1 Paling Laris!

Okta Novanto
Sabtu, 17 September 2022, 14:00 WIB
7 Emulator Android Ringan Terbaik 2022: Nomor 1 Paling Laris!
Ilustrasi bermain game online (Foto: Hafid Fuad)

JAKARTA - Setidaknya ada 7 emulator android ringan terbaik 2022 sebagai solusi beberapa masalah komputer lawas yang sulit menjalankan aplikasi Android. Pasalnya beberapa emulator yang tersedia cukup berat sehingga komputer akan mengalami kesulitan untuk mengoperasikannya.

Emulator sendiri merupakan software yang memungkinkan suatu sistem komputer untuk menjalankan sistem dari perangkat lain. Sejauh ini masih banyak beberapa emulator android yang kurang kompatibel dijalankan di PC lawas karena kapasitasnya cukup berat.

Demi menjawab permasalahan ini, sportstars akan mengulas 7 emulator android ringan terbaik 2022. Berikut informasinya;

Ini Sederet Emulator Android Ringan Terbaik 2022 

  1. Bluestacks

Emulator Ringan Bluestacks (Sumber: Instagram)

BlueStacks menjadi salah satu emulator Android ringan yang banyak direkomendasikan. Sama seperti emulator sebelumnya, BlueStacks juga mendukung penggunaan kamera dan mikrofon yang dapat digunakan untuk melakukan panggilan suara maupun video calls.

Emulator Android satu ini memiliki fitur drag-and-drop antara desktop dan emulator untuk saling berbagi data, hal ini dinilai sangat memudahkan para penggunanya.

  1. Droid4x

Rekomendasi selanjutnya adalah Droid4x yang dikenal sebagai emulator ringan yang bisa dipasang di PC atau Laptop dengan os Windows 7 ke atas. Emulator Android satu ini memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya untuk merekam apapun menggunakan perekam layar emulator. 

  1. Bliss OS

Emulator Ringan (Sumber: Instagram)

Aplikasi Bliss OS merupakan rekomendasi emulator Android ringan yang bisa dijalankan di PC atau Laptop. Bliss OS dinilai mampu menjalankan sistem operasi Android dengan baik di PC atau laptop. 

  1. Andy

Andy menjadi salah satu jawaban untuk emulator Android ringan untuk bisa dijalankan di PC ataupun Laptop. Emulator Android satu ini juga terbilang ringan, sehingga kompatibel untuk semua perangkat PC atau Laptop yang dimiliki.

Para pengguna emulator Andy ini bisa mensinkronisasikan layar desktop PC atau Laptop dengan perangkat Android yang dimiliki. Emulator ini support untuk penggunaan kamera, mikrofon untuk melakukan panggilan suara atau panggilan video. 

Pada PC atau Laptop yang sudah dilengkapi Windows 8 keatas, Emulator Andy akan bisa mengoperasikan fitur multi touch seperti pada smartphone pada umumnya.

  1. Genymotion

Emulator Ringan (Sumber: Instagram)

Rekomendasi emulator Android selanjutnya adalah Genymotion. Genymotion juga masuk ke dalam kategori emulator Android ringan yang bisa digunakan di perangkat PC atau Laptop dengan mudah.

Perangkat ini mendukung webcam dan mikrofon untuk menelepon dan video calls dengan menggunakan aplikasi VoIP. Tanpa perlu mendownload, Genymotion Cloud juga bisa dijalankan melalui peramban.

  1. GameLoop

Emulator Ringan (Sumber: Instagram)

GameLoop adalah emulator android terbaik khusus untuk para gamers yang ingin memainkan game Android di PC. Pengembang dari aplikasi ini adalah Tencent yang memang terkenal sebagai developer PUBG, AOV dan lainnya.

Emulator ini sebelumnya bernama Tencent Gaming Buddy. Fitur yang dimilikinya sangat mendukung kalian dalam bermain game seperti keyboard mapping, menu pengaturan grafik yang lengkap dan pilihan game berkelas terbaru yang sudah teroptimasi.

  1. Nox Player

Emulator Ringan (Sumber: Instagram)

Nox Player merupakan emulator yang paling laris, pasalnya aplikasi ini tidak hanya untuk game tetapi memungkinkan untuk menjalankan aplikasi lain. Emulator android ini memiliki fitur yang sangat banyak mulai dari gaming support, fitur root, recording, pengaturan FPS dan lainnya.

Kelengkapan spesifikasinya itulah yang membuatnya berada di posisi pertama. Namun sayangnya, aplikasi ini cukup berat jika dijalankan pada laptop atau PC spesifikasi rendah.

Demikian informasi mengenai emulator android ringan terbaik 2022 untuk laptop atau PC, semoga bermanfaat bagi pembaca semua.


 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1719 seconds [12]