logo
Hobi | Detail

7 Contoh Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan di Rumah

Intan Rachmasari
Jum'at, 22 Juli 2022, 06:17 WIB
7 Contoh Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan di Rumah
Jumping Jack salah satu gerakan favorit dalam olahraga kardio (FOTO: Popsugar).

JAKARTA-Contoh olahraga kardio yang mudah dilakukan di rumah sangat dibutuhkan oleh mereka yang kurang suka olahraga di pusat kebugaran seperti gym. 

Olahraga kardio adalah jenis olahraga yang dapat membantu untuk meningkatkan detak jantung, membakar lemak pada tubuh serta menurunkan kadar kalori tubuh. 

Bila dilihat dari jenis kegiatannya olahraga kardio bertujuan untuk menjaga kesehatan organ tubuh seperti jantung, paru paru, dan organ organ lainnya. 

Olahraga kardio juga mudah untuk dilakukan dimanapun, khususnya di rumah. Karena itu ada banyak contoh olahraga kardio yang mudah dilakukan di rumah.

Sportstars telah merangkum informasinya dari beberapa sumber mengenai contoh olahraga kardio yang mudah dilakukan di rumah. Mari kita simak!

10 Contoh Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan di Rumah

1. Jumping Jack 

Jumping Jack adalah salah satu jenis olahraga kardio yang mudah dilakukan. Rutin melakukan jumping jack juga bermanfaat untuk mengurangi jumlah kalori dalam tubuh. 

Adapun cara melakukan jumping jacks adalah dengan melompat dengan posisi kaki direntangkan dan tangan digerakkan ke atas sambil saling menepuk telapak tangan. Pastikan jumping jack dilakukan dengan keadaan tubuh siap untuk menghindari resiko cedera pada persendian. 

2. Squat Jump

Squat Jump (FOTO: Popsugar UK).

Squat Jump adalah contoh olahraga kardio yang fokus pada kekuatan otot kaki. Semakin sering dilakukan  akan berdampak baik kekuatan otot otot kaki. Squat jump sangat mudah dilakukan hanya dengan meletakkan kedua tangan di belakang kepala. 

Lakukan lompatan dan saat turun posisi tubuh squat dengan keadaan lutut ditekuk. Perhatikan kondisi badan masing masing untuk mengurangi resiko cedera pada bagian yang menjadi fokus gerakan ini.

3. Naik Turun Tangga

Cara mudah untuk olahraga kardio di rumah salah satunya adalah olahraga naik turun tangga. Sangat mudah dilakukan tetapi kegiatan ini cukup efektif untuk mengurangi kadar kalori dalam tubuh.

Selain itu juga kegiatan ini dapat memacu kerja detak jantung. Lakukan 2-3 kali bolak balik sebelum beranjak kepada olahraga kardio yang lain.

4. Lompat Tali 

Berbagai gerak dasar dalam lompat tali perlu diketahui (Sumber: Instagram)

Lompat Tali menjadi salah satu contoh olahraga kardio yang bisa dilakukan di rumah. Hanya bermodalkan tali skipping kita bisa membakar kalori hingga 200 kalori dalam waktu yang singkat. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2581 seconds [13]