logo
Hobi | Detail

7 Cara Meningkatkan Motivasi Olahraga Demi Tubuh Ideal

Intan Rachmasari
Jum'at, 22 Juli 2022, 22:34 WIB
7 Cara Meningkatkan Motivasi Olahraga Demi Tubuh Ideal
Aktivitas olahraga membutuhkan trik-trik yang dapat memompa semangat (Foto: Instargam/wulanguritno).

JAKARTA-Cara meningkatakan motivasi olahraga wajib ditemukan bila tetap ingin konsisten. Karena olahraga merupakan kegiatan yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh apabila rutin dilakukan. 

Walaupun terbukti memberikan dampak positif bagi tubuh, tak jarang seseorang merasa berat untuk memulai olahraga. Mungkin karena kegiatan olahraga memaksa seseorang untuk bergerak lebih banyak daripada biasanya. 

Sehingga untuk memulai olahraga dibutuhkan motivasi untuk meningkatkan keinginan seseorang untuk melakukannya. 

Dilansir dari beberapa sumber sportstars telah merangkum 7 cara meningkatkan motivasi olahraga demi tubuh yang ideal. Apa saja itu? Mari kita simak!

Nirina Zubir dan Ernest Fardiyan Sjarif Bersepeda

Berbagai Cara Meningkatkan Motivasi Olahraga Demi Tubuh Ideal

1. Menentukan Tujuan dan Membuat Rencana yang Ingin Dicapai

Menentukan tujuan yang jelas memang sangat penting sebelum memulai sesuatu, khususnya memulai olahraga. Olahraga memang memberikan manfaat yang baik bagi tubuh, tapi ada baiknya seseorang menentukan tujuannya sebelum memulai. 

Misal seseorang ingin mengecilkan perut kemudian atur rencana langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan adanya tujuan dan rencana olahraga akan semakin terarah.

2. Mengenakan Pakaian Olahraga 

Menurut beberapa survei di dunia seseorang yang malas berolahraga akan merasa termotivasi apabila sudah mengenakan pakaian olahraga secara lengkap. 

Selain mengenakan pakaian olahraga juga siapkan beberapa perlengkapan pendukung kegiatan olahraga supaya lebih merasa terpacu.

3. Membuat Catatan Hal yang Sudah Dicapai 

Mencatat hal yang sudah dicapai selama berolahraga akan memotivasi ketika sedang malas melakukan olahraga. Setiap hasil yang didapatkan dari progres yang dilakukan harus selalu dicatat, agar kita tau sudah seberapa besar usaha kita dalam berolahraga.

Misal dua minggu pertama sudah turun berat badan sebesar 1 kilo akan menjadi tolak ukur supaya lebih semangat berolahraga. 

4. Olahraga Bersama Teman

Olahraga akan semakin menyenangkan jika kita memiliki partner olahraga dengan tujuan yang sama. Buatlah jadwal untuk olahraga bersama teman agar bisa saling memberi semangat jika salah satu dari kalian ada yang sedang merasa malas. 

5. Lakukan Kegiatan yang Disukai 

Olahraga akan terasa ringan apabila kita melakukan olahraga yang kita sukai. Misal kita menyukai kegiatan berenang, lakukanlah kegiatan renang secara rutin. Semakin kita fokus pada kegiatan yang kita sukai maka hasil yang didapatkan akan lebih maksimal. 

6. Jangan Takut Gagal 

Ketika seseorang baru memulai olahraga pasti banyak juga kesalahan yang dilakukan sebagai pemula. Apabila melakukan kesalahan cobalah perbaiki jangan malah dihindari.

Semakin banyak belajar semakin minim untuk melakukan kesalahan dan olahraga akan menjadi semakin menyenangkan. 

7. Berikan Reward untuk Diri Sendiri

Ketika tujuan dari olahraga sudah tercapai jangan lupa untuk memberi hadiah untuk diri sendiri. Hadiahi diri sendiri dengan waktu libur olahraga selama seminggu, atau membeli makanan enak di restoran dan kegiatan lainnya. 

Hal ini bertujuan untuk merayakan keberhasilan melakukan olahraga dan memotivasi supaya kedepannya lebih giat lagi berolahraga. 

Inilah 7 cara meningkatkan motivasi olahraga demi tubuh ideal. Semoga informasi ini dapat meningkatkan motivasi olahraga para pembaca setia sportstars. 
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1525 seconds [12]