logo
Hobi | Detail

7 Bentuk Latihan Kelentukan dalam Kebugaran Jasmani

Tim Sportstars
Kamis, 22 September 2022, 20:04 WIB
7 Bentuk Latihan Kelentukan dalam Kebugaran Jasmani
Pesenam artistik DKI Jakarta Rifda Irfanaluthfi melakukan latihan kelentukan dalam kebugaran jasmani, di Istora Papua Bangkit, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (4/10/2021).

JAKARTA -  Bentuk latihan kelentukan dalam kebugaran jasmani, perlu Anda lakukan agar badan menjadi sehat. Kelentukan dan kelenturan tubuh adalah dua hal yang berbeda. Kelentukan atau biasa disebut dengan flexibility merupakan kemampuan seseorang menggerakan anggota tubuh seluas mungkin. 

Kelenturan merupakan kemampuan seseorang bergerak bebas tanpa kaku di area persendian otot tubuh. Kelentukan harus dimiliki oleh tubuh yang sehat dan bugar. Kelentukan berfungsi untuk menghindari bahaya cedera otot, bila memiliki kelentukan yang tinggi tubuh akan menyesuaikan dengan gaya bebas bergerak. 

Pastinya kelentukan harus diiringi dengan kelenturan tubuh, agar proses bergerak dalam berolahraga bisa seimbang. Mari simak dibawah ini bentuk latihan kelentukan tubuh.

7 Contoh Bentuk Latihan Kelentukan dalam Kebugaran Jasmani

  1. Latihan Peregangan Kaki

Peregangan kaki dilakukan dengan cara berdiri lalu posisikan kedua telapak kaki dengan berjinjit bersamaan. Lakukan secara berulang kali, dan tahan selama beberapa detik agar otot di bagian kaki menjadi kuat.

  1. Warm up & Stretch

Gerakan ini dilakukan dengan berdiri, lalu rentangkan kedua tangan. Posisikan badan sedikit membungkukkan, ayunkan tangan dengan menyilang seperti tangan kanan ke kaki kiri, begitu sebaliknya.

  1. Squat Ham Extension

Dilakukan saat jongkok, kaki keadaan menginjak jari tangan posisi dalam, lalu berdiri secara perlahan hingga kaki lurus dan badan membungkuk ke depan.  Lakukan cara yang berulang agar bisa seimbang.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1596 seconds [13]