Ragam Lainnya | Detail

7 Atlet Wanita Indonesia Berprestasi di Pentas Internasional, Kartini Sejati

Wikku D. Nugroho
Selasa, 21 Juni 2022, 22:13 WIB
7 Atlet Wanita Indonesia Berprestasi di Pentas Internasional, Kartini Sejati
Susi Susanti merupakan ikon atlet perempuan berprestasi Indonesia. (Foto: Instagram @susysusantiofficial)

JAKARTAAtlet wanita Indonesia berprestasi di pentas internasional wajib diketahui. Tak ayal, prestasi mereka akan selalu dikenang oleh bangsa Indonesia.

Beberapa atlet wanita tercatat pernah mengharumkan nama bangasa. Terakhir ada nama Greysia Polii dan Apriyani Rahayu yang berhasil sumbang medali emas bulutangkis ganda putri di Olimpiade Tokyo 2022. 

Tak hanya mereka, ternyata banyak juga atlet wanita Indonesia berprestasi di pentas internasional. Siapa sajakah mereka? Berikut Sportstars akan berikan ulasannya.

Atlet Wanita Indonesia Berprestasi di Pentas Internasional

1. Rifda Irfanaluthfi

Atlet Wanita Indonesia berprestasi di Pentas Internasional diawali nama pesenam Rifda Irfanaluthfi. Terbaru ia dapat meraih medali emas SEA Games 2021 Vietnam kemarin.

Tak hanya di kancah Asia, dia juga turut raih medali perunggu di ajang 24th International Tournament in Artistic Gymnastics Mikhail Voronin Cup di Moskow.

2. Greysia Polii

Selanjutnya ada nama pebulutangkis putri andalan Indonesia, Greysia Polii. Tercatat ia pernah lolos Olimpiade London 2012 dengan partner terdahulunya, Nitya Krishinda Maheswari. Terbaru, Greysia Polii dan partnernya, Apriyani Rahayu raih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020 dan SEA Games Filipina 2019. 

3. Apriyani Rahayu

Tak jauh berbeda dengan partner bulutangkisnya. Apriyani Rahayu juga kerap torehkan prestasi dunia. Bersama Greysia Polii ia meraih medali emas SEA Games Filipina 2019 dan Olimpiade Tokyo 2020.

Terbaru bersama duet barunya, Siti Fadia, mereka sanggup mengunci medali emas di SEA Games Vietnam 2021.

4. Aries Susanti

Cabang olahraga panjat tebing Indonesia ternyata juga memiliki atlet wanita hebat. Hal itu tersemat pada nama Aries Susanti. Dia pernah persembahkan 2 medali emas sekaligus di ASIAN Games 2018. 

Kala itu ia bertanding di nomor beregu dan speed perseorangan. Aries Susanti juga turut pecahkan rekor dunia sebagai atlet panjat tebing wanita pertama yang sanggup catatkan waktu 6,995 detik di nomor speed perseorangan.

5. Emilia Nova

Nama Emilia Nova juga tidak bisa ditinggalkan dalam daftar ini. Atlet lari gawang 100m putri ini juga raih segudang prestasi. Salah satunya adalah raih medali perak di cabang atletik lari gawang 100m putri di SEA Games Vietnam 2021. Sebelum itu, Emilia Nova juga turut persembahkan medali emas di Malaysia Open Grand Prix 2019.

6. Irene Kharisma Sukandar

Atlet wanita berprestasi Indonesia selanjutnya adalah pecatur Irene Kharisma Sukandar. Dia juga turut mengharumkan nama Indonesia di gelaran catur dunia.

Di usianya yang masih tergolong muda, namun dia sudah meraih gelar WGM (World Grandmaster) di tahun 2008. Tak hanya itu, terakhir ia juga raih gelar International Master (IM) dari FIDE.

7. Susi Susanti 

Nama terakhir dalam daftar atlet wanita Indonesia berprestasi dunia adalah Susi Susanti. Dia pernah harumkan nama Indonesia di cabang olahraga bulutangkis. Tercatat ia pernah raih medali emas bulutangkis nomor tunggal putri di Olimpiade Barcelona 1992.

Prestasi gemilangnya pun terus berlanjut. Susi Susanti juga turut raih juara di beberapa gelar seperti Kejuaraan Dunia Birmingham 1993, Piala Sudirman 1989, Piala Uber 1994 dan 1996.

Demikian informasi mengenai atlet wanita Indonesia berprestasi di pentas internasional. Patut kita tunggu atlet wanita Indonesia selanjutnya yang akan mengharumkan nama bangsa di dunia olahraga level internasional.
 
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1465 seconds [13]