Ragam Lainnya | Detail

6 Teknik Dasar Permainan Softball yang Perlu Dikuasai

Tim Sportstars
Senin, 06 Desember 2021, 00:33 WIB
6 Teknik Dasar Permainan Softball yang Perlu Dikuasai
Ada 6 teknik dasar permainan softball perlu dikuasai untuk seorang atlet seperti pemain Oklahoma Softball. (Foto: OU_Softball)

TEKNIK dasar permainan softball perlu diketahui bagi anda yang ingin memulai bermain softball. Softball merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing pemain 9 atau 10 orang di tiap tim. 

Di Indonesia, softball lebih dikenal dengan sebutan sofbol. Meski olahraga ini kurang populer untuk masyarakat Indonesia, namun softball merupakan permainan yang cukup menarik dan seru untuk dilakukan.

Permainan softball hampir mirip dengan baseball yakni dilakukan dengan melempar bola kecil lalu dipukul menggunakan pemukul. Tujuan permainan ini adalah mencetak poin lebih banyak dari tim lawan dengan berusaha memukul bola ke area permainan dan berhasil berlari menyentuh masing-masing base.

Sebelum anda melakukan permainan ini, anda perlu mengetahui teknik dasar permainan softball agar bisa bermain lebih maksimal. Dilansir dari berbagai sumber, berikut penjelasan mengenai 6 teknik dasar permainan softball bagi pemula.

Memukul Bola (Batting/Hitting)

Memukul bola merupakan teknik dasar yang perlu dikuasai setiap pemain dalam permainan softball. Tak mudah untuk bisa memukul bola kecil yang dilemparkan dengan kecepatan sepersekian detik.

Butuh koordinasi tangan dan mata, reaksi yang cepat dipadukan dengan teknik memukul yang tepat agar menghasilkan pukulan yang baik. Selain itu cara memegang alat pukul (bat) juga sangat menentukan kualitas pukulan yang akan dihasilkan.

Dalam softball terdapat teknik dasar memukul yang bisa dilakukan bagi pemula. Diantaranya adalah teknik pukulan swing dan bunt

Teknik pukulan swing merupakan teknik memukul bola dengan mengayunkan tangan secara cepat dan keras. Sedangkan pukulan bunt merupakan teknik yang tidak membutuhkan ayunan ketika memukul bola. 

Dua teknik tersebut bisa disesuaikan dengan keadaan permainan. Jika pemain ingin memukul bola sangat jauh, maka bisa menggunakan pukulan swing yang kuat. Pukulan bunt dilakukan jika ingin bola jatuh secara alami.   

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1112 seconds [12]