logo
Ragam Lainnya | Detail

6 Sekolah Khusus Olahraga di Indonesia, dari SKO Ragunan sampai Aceh

Tim Sportstars
Senin, 12 Desember 2022, 15:02 WIB
6 Sekolah Khusus Olahraga di Indonesia, dari SKO Ragunan sampai Aceh
Sekolah Olahraga Ragunan. (Foto: SKO Ragunan)

JAKARTA - Sekolah khusus olahraga di Indonesia biasanya memiliki kurikulum yang berbeda dengan sekolah biasanya. Bagi calon atlet, biasanya mereka akan lebih memilih untuk bersekolah khusus olahraga. Di Indonesia sendiri ada beberapa sekolah yang memfokuskan muridnya pada kegiatan olahraga.

Sekolah-sekolah ini bahkan telah melahirkan atlet-atlet profesional Indonesia dalam berbagai cabang olahraga. Berikut beberapa sekolah khusus olahraga yang ada di Indonesia: 

Sekolah Khusus Olahraga di Indonesia

  1. Sekolah Khusus Olahraga Ragunan

Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan adalah sekolah bagi calon atlet di usia SMP dan SMA. Sekolah ini berada di Jl. Kebagusan Raya Komp. Gor Ragunan, RT009/007, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Ada lima cabang olahraga yang disediakan SKO Ragunan bola basket, bulu tangkis, bola voli, sepak bola, dan pencak silat. 

Sejumlah atlet yang mengharumkan nama bangsa di dunia Internasional pernah bersekolah di sana. Beberapa diantaranya adalah Susi Susanti, Yayuk Basuki, frederika Girsang, dan masih banyak lagi. 

SKO Ragunan menerapkan sistem kredit semester (SKS) dengan beban belajar minimal 260 jam pelajaran dalam kurikulum SKO yang dirancang agar siswa mampu mengembangkan prestasi sesuai dengan potensi, kebutuhan, dan kecepatan belajarnya.

  1. SMP-SMA Olahraga Negeri Sriwijaya Sumatera Selatan (SONS)

SMP-SMA Olahraga Sriwijaya atau SONS berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan. Sekolah olahraga ini memadukan sistem pembelajaran sekolah reguler dan latihan khusus untuk mengasah ketangkasan calon atlet. 

Pelatih cabang olahraga di sekolah ini berasal dari pengurus Provinsi induk cabor dan KONI Provinsi Sumsel dengan kualifikasi daerah, nasional, dan internasional. Sekolah ini menerapkan sistem degradasi apabila siswa tidak menunjukkan peningkatan prestasi olahraga setelah proses pembinaan. Siswa yang terdegradasi akan dikembalikan ke orang tua/sekolah asal.

Dilansir dari web sonssumsel.sch.id, pada pelaksanaan PON XX Papua 2021, sekolah ini berhasil mendapatkan perunggu dalam cabang olahraga dayung. Pada ajang Liga TOP Skor Nasional, Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya menyabet runner up dan pemain terbaik dalam cabang olahraga sepak bola. 

Selain itu, SONS berhasil menyabet emas dan perak pada cabang olahraga catur dalam ajang Porprov Sumsel XIII 2021.

  1. SMAN Olahraga Riau

Riau mempunyai sebuah program untuk memajukan olahraga dengan mencetak atlet-atlet handal putera dan puteri Riau melalui pembentukan SMA Negeri Olahraga Riau. Semua biaya pendidikan yang akan dikeluarkan di SMA olahraga Riau ditanggung oleh pemerintah Provinsi Riau. SMAN Olahraga Riau menggunakan kurikulum nasional, namun tetap terdapat porsi khusus untuk latihan di tiap-tiap cabang olahraga. 

Pada tiap tahunnya, SMAN Olahraga Riau akan menerima 130 siswa yang telah diseleksi untuk 12 cabang olahraga. Para siswa akan dilatih dan diawasi oleh guru, pelatih, TU, pengasuh, serta tenaga kesehatan seperti dokter, perawat, dan fisioterapi.

Sekolah Olahraga SMAN Olahraga Riau. (Foto: Kemendikbud)

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1971 seconds [13]