logo
F1 | Detail

6 Pembalap Kena Penalti Grid pada F1 GP Belgia 2022, Ada Verstappen dan Leclerc

Andhika Khoirul Huda
Sabtu, 27 Agustus 2022, 02:30 WIB
6 Pembalap Kena Penalti Grid pada F1 GP Belgia 2022, Ada Verstappen dan Leclerc
Pembalap Scuderia Ferrari, Charles Leclerc terkena penalti grid pada F1 GP Belgia 2022 (Foto: REUTERS)

STAVELOT – Nasib sial dialami oleh Max Verstappen dan Charles Leclerc pada F1 GP Belgia 2022. Keduanya itu terkena penalti grid pada balapan di Sirkuit Spa-Francorchamps itu bersama empat pembalap lainnya.

Sebanyak enam pembalap F1, Verstappen, Leclerc, Lando Norris, Esteban Ocon, Valtteri Bottas dan Mick Schumacher bakal memulai balapan dari barisan belakang pada balapan ada Minggu (28/8/2022) pukul 20.00 WIB. Hal itu terjadi akibat mobil mereka kedapatan melebihi alokasi unit daya yang telah ditentukan.

Alhasil, setelah Latihan Bebas 1 digelar pada Jumat (26/8/2022) malam WIB, FIA mengonfirmasi bahwa keenam pembalap tersebut mendapat hukuman grid. Mereka pun tak dapat berkelit dari penalti tersebut.

“Max Verstappen, Charles Leclerc, Lando Norris, Esteban Ocon, Valtteri Bottas dan Mick Schumacher semuanya akan start dari barisan belakang pada hari Minggu menyusul perubahan elemen unit daya pada mobil mereka,” tulis pernyataan F1 di Instagam resmi mereka, @f1, Jumat (26/8/2022).

Ferrari memang memilih untuk mengubah komponen unit daya pada mobil Leclerc untuk memperkenalkan peningkatan hybrid terbaru. Dan Spa dipilih karena tata letak yang memungkinannya untuk banyak menyalip.

Itu berarti, pembalap asal Monaco tersebut sudah dua kali mendapat penalti grid musim ini. Sebelumnya, dia menerima hukuman yang sama pada balapan F1 GP Kanada 2022 di mana dia akhirnya bisa finis di urutan kelima.

Sementara itu, ini adalah penalti grid pertama bagi Verstappen. Nantinya, posisi keenam pembalap yang terkena hukuman tersebut di barisan belakang bakal ditentukan dari hasil kualifikasi.

Editor : Coro Mountana

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1725 seconds [12]