logo
Tim Nasional | Detail

6 Pemain Naturalisasi yang Gagal Bersinar Bersama Timnas Indonesia, Siapa Sajakah Mereka?

Wikku D. Nugroho
Kamis, 30 Juni 2022, 21:14 WIB
6 Pemain Naturalisasi yang Gagal Bersinar Bersama Timnas Indonesia, Siapa Sajakah Mereka?
Pemain naturalisasi gagal, Sergio van Dijk, ketika masih membela Persib Bandung. (FOTO: Persib Bandung).

JAKARTA-Pemain naturalisasi yang gagal bersinar bersama Timnas Indonesia sudah seharusnya dievaluasi. Dalam beberapa waktu terakhir, PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) kerap menaturalisasikan para pemain keturunan. Semua agar skuad Timnas Indonesia meraih juara.

Sejauh ini sudah banyak pemain keturunan yang dinaturalisasi. Sedikit yang sukses dan banyak yang gagal. Siapa saja pemain yang masuk daftar pemain naturalisasi yang gagal bersinar bersama Timnas Indonesia? Berikut Sportstars tampilkan rangkumannya. 

Pemain Naturalisasi yang Gagal Bersinar Bersama Timnas Indonesia

1. Jhonny van Beukering

Pemain naturalisasi yang gagal bersinar bersama Timnas Indonesia diawali dari nama Jhonny van Beukering. Nama mantan pemain naturalisasi Indonesia itu akhir-akhir ini kembali booming.

Bukan prestasinya di dunia sepak bola, namun dirinya kini menjadi penjaga klub skeptis di Belanda. Dulu Jhonny van Beukering hanya tampil dalam 2 laga untuk Timnas Indonesia. 

2. Bio Paulin

Selanjutnya adalah Bio Paulin. Mantan pemain Persipura Jayapura satu ini berhasil antarkan kesuksesan bersama klub berjuluk Mutiara Hitam ini. 

Hal itulah yang membuat PSSI menaturalisasinya pada tahun 2015. Tapi dia hanya bermain beberapa laga, hingga kini namanya tak pernah masuk skuad Garuda. 

3. Sergio van Dijk

Sepak bola Indonesia pernah dihiburkan dengan permainan atraktif penyerang Sergio van Dijk. Pemain naturalisasi Indonesia satu ini sukses bermain di Liga Eropa. 

Hal itu membuat PSSI menjadikannya seorang WNI di tahun 2014. Penampilannya berbanding terbalik di Persib Bandung, Sergio van Dijk hanya mencatatkan bermain 6 laga dan mencetak 1 gol. 

4. Tonnie Harry Crusell Lilipaly

Mungkin nama Tonnie Harry Crusell Lilipaly terdengar asing di telinga pecinta sepak bola tanah air. Dia adalah adik sepupu dari salah satu pemain Timnas Indonesia yakni Stefano Lilipaly. 

Dia resmi menjadi WNI di tahun 2012. Namun seusai ikut gelaran Piala AFF 2012, namanya kian meredup di dunia persepakbolaan Indonesia. 

5. Ruben Wuarbanaran

Nama Ruben Wuarbanaran sempat mengisi skuad Timnas Indonesia di gelaran SEA Games 2011. Saat itu dia dinaturalisasi bersama dengan Diego Michiels.

Namun nasibnya berbanding sangat terbalik dengan rekannya itu. Ruben Wuarbanaran tidak mampu menembus skuad Garuda. 

6. Raphael Maitimo

Terakhir ada nama pesepakbola Raphael Maitimo. Dia resmi menjadi WNI pada tahun 2012 silam. Raphael Maitimo memulai debutnya di Timnas Indonesia saat berlaga melawan Laos di penyisihan grup Piala AFF 2012. 

Namun setelah gelaran tersebut, namanya jarang masuk skuad garuda. Penampilan apiknya di klub tak mampu Raphael Maitimo tularkan di Timnas Indonesia. 

Demikian informasi mengenai Pemain naturalisasi yang gagal bersinar bersama Timnas Indonesia. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca setia Sportstars. 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1592 seconds [12]