logo
Bola Lainnya | Detail

6 Pelatih Indonesia yang Pernah Berkarier di Luar Negeri, Nomor 1 Legenda Timnas

Tim Litbang
Selasa, 02 Agustus 2022, 20:20 WIB
6 Pelatih Indonesia yang Pernah Berkarier di Luar Negeri, Nomor 1 Legenda Timnas
Kurniawan Dwi Yulianto pernah melatih di Sabah FC (Foto: Instagram @kurniawanqana)

TIDAK hanya para pemain Indonesia yang melebarkan sayapnya hingga ke luar negeri, para pelatih Indonesia pun turut meniti kariernya hingga ke mancanegara. Kualitas, kemampuan, dan pengalaman mereka dalam dunia sepak bola membuat tim-tim luar negeri tertarik merekrut para pelatih ini. 

Mereka tentunya telah mengantongi lisensi kepelatihan AFC Pro sehingga dipercaya untuk memegang tim luar negeri. Lantas siapa saja mereka? Berikut enam pelatih asal Indonesia yang pernah berkarier di luar negeri.

1. Kurniawan Dwi Yulianto

Nama Kurniawan Dwi Yulianto sudah tidak asing lagi dalam dunia sepak bola Indonesia. Selain dikenal sebagai pemain legenda Timnas Indonesia, pria kelahiran 13 Juli 1976 ini  juga merupakan seorang pelatih yang kompeten. Usai gantung sepatu, Kurniawan dipercaya untuk melatih beberapa tim sepak bola.

Berbekal lisensi AFC Pro, pemain yang dijuluki “Si Kurus” ini menerima tawaran untuk melatih Sabah FA, klub sepak bola asal Malaysia pada 2019. Sayang, kariernya bersama Sabah FA mendapatkan rentetan hasil yang tidak begitu baik, hingga akhirnya dia pun resmi diberhentikan di tahun 2021. 

Kurniawan Dwi Yulianto kini berkiprah sebagai asisten pelatih di klub kasta kedua liga Italia, Como 1907, dengan durasi kontrak lima tahun. Bergabung di Como 1907 juga merupakan langkah bagi Kurniawan untuk mengejar Lisensi UEFA Pro

2. Rudy Eka Priyambada

Nama Rudy Eka sedang menjadi obrolan hangat saat ini. Pasalnya, pria kelahiran 5 Desember 1982 ini berhasil membawa Timnas Wanita Indonesia ke ajang Piala Asia 2022 setelah 33 tahun absen. Dia berhasil meloloskan Timnas Wanita Indonesia dalam babak kualifikasi setelah mengalahkan Singapura.

Menjadi seorang pelatih, Rudy ternyata tidak pernah sama sekali berkecimpung menjadi pemain bola profesional. Walaupun begitu, Rudy pernah berkarier sebagai asisten pelatih Klub Al-Najma yang bermain di Liga Bahrain. 

Rudy mengawali karier sebagai pelatih di luar negeri dengan mengasuh Monbulk Rangers, klub semi pro di Victoria, Australia pada 2012. Rudy kini telah memiliki lisensi UEFA Pro.

3. Muhammad Yusup Prasetyo

Pria kelahiran 21 April 1990 ini sudah menunjukkan bahwa dirinya memiliki banyak pengalaman di bidang kepelatihan. Dia pernah beberapa kali menjadi pelatih kepala dan asisten kepala. 

Bersama Djajang Nurjaman, Muhammad Yusup Prasetyo pernah melatih PSMS dan Barito Putera sebagai asisten pelatih. Pada Februari 2022 lalu, Yusup juga ditunjuk sebagai asisten pelatih dari Kelantan FC, klub sepak bola asal Malaysia. 

Sebelumnya dia juga pernah bertugas sebagai pelatih kepala untuk Kelantan U-21. Menariknya, pria yang akrab disapa Coach Yoyo ini sempat melatih Yunnan Flying Tigers di China, saat umur 26 tahun. Saat itu dia hanya memilki lisensi B AFC. 

Tidak puas dengan itu, Yusup mengambil lisensi A AFC pada 2018. Di musim ini, Yusup mendapat kepercayaan untuk melatih PSPS Riau yang bermain di Liga 2 Indonesia.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1595 seconds [12]