logo
Netting | Detail

6 Pebulutangkis Tunggal Putra Legendaris Indonesia dengan Prestasi Terbaik

Wikku D. Nugroho
Jum'at, 05 Agustus 2022, 23:25 WIB
6 Pebulutangkis Tunggal Putra Legendaris Indonesia dengan Prestasi Terbaik
Alan Budikusuma peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992 (Foto: AFP)

JAKARTA-Pebulutangkis tunggal putra legendaris Indonesia dengan prestasi terbaik tentunya wajib diulas. Karena sejak masa lalu Indonesia memang dikenal sebagai negara yang sering melahirkan talenta-talenta hebat bulu tangkis

Para atlet bulu tangkis Indonesia mampu mewarnai persaingan gelar juara di dunia tepok bulu. Nomor tunggal putra menjadi sektor atau nomor yang sering meraih gelar juara dunia.

Salah satunya adalah Taufik Hidayat yang menjadi teladan banyak pemain muda. Namun selain dia siapa lagi yang masuk daftar pebulutangkis tunggal putra legendaris Indonesia dengan prestasi terbaik? Berikut Sportstars.id akan berikan ulasan lengkapnya;

Pebulutangkis Tunggal Putra Legendaris Indonesia dengan Prestasi Terbaik

  1. Tan Joe Hok

Pebulutangkis tunggal putra legendaris Indonesia dengan prestasi terbaik diawali dengan Tan Joe Hok. Pria satu ini lebih dikenal dengan nama Hendra Kertanegara. Dirinya merupakan pionir bulu tangkis Indonesia di era 1960 an.

Tercatat dirinya pernah memenangkan Piala Thomas 1958. Tan Joe Hok juga menjadi bagian tim Indonesia di Piala Thomas 1961 dan 1964. 

Tak hanya itu, dia juga menjadi pebulutangkis Indonesia pertama yang meraih gelar juara All England 1959. Tan Joe Hok juga meraih medali emas di ASIAN Games 1962. 

  1. Rudy Hartono

Rudy Hartono dengan trofi All England terbanyak di nomor tunggal putra (Foto: Istimewa)

Rudy Hartono menjadi satu-satunya pebulutangkis Indonesia yang berhasil juara All England tujuh kali berturut-turut. Juara tersebut diraih di kurun waktu 1968-1974.

Terakhir Rudy Hartono sanggup mengalahkan rekan senegaranya, Liem Swie King di All England 1976. Selain itu, ia juga menjuarai gelar juara dunia di tahun 1980. Rudi Hartono turut mempersembahkan empat kali juara Piala Thomas untuk Indonesia. 

  1. Liem Swie King

Liem Swie King tampil apik usai kalah dari Rudy Hartono di laga final All England 1976. Dia mampu menjuarai beberapa gelar diantaranya, All England di tahun 1978, 1979 dan 1981, ASIAN Games 1978. Dirinya juga menyabet tiga gelar di Piala Thomas 1976, 1979 dan 1984. 

  1. Alan Budikusuma

Alan Budikusuma. (Foto: Instagram @alanbudikusumaofficial)

Nama Alan Budikusuma semakin tenar usai menjuarai Olimpiade Barcelona 1992. Sebelum masuk Olimpiade, ia harus bersaing ketat dengan rekan-rekan hebatnya diantaranya; Joko Suprianto, Hermawan Susanto, dan Hariyanto Arbi. 

Medali emas di nomor tunggal putra itu merupakan pertama kalinya diraih Indonesia di sepanjang sejarah gelaran Olimpiade.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1566 seconds [12]