Ragam Lainnya | Detail

6 Olahraga Teraneh di Dunia, Nomor 3 Sampai Adu Jempol Kaki

Sulthan Muafa
Sabtu, 28 Mei 2022, 02:25 WIB
6 Olahraga Teraneh di Dunia, Nomor 3 Sampai Adu Jempol Kaki 
Menggendong istri menjadi salah satu olahraga unik di Finlandia yang membahagiakan (Foto: Instagram @felixdjimin)

JAKARTA- Olahraga teraneh di dunia penting untuk dibahas. Karena biasanya memiliki perbedaan dari segi aturan atau unik untuk dimainkan 

Lantas hal ini membuat orang-orang pun penasaran olahraga seperti apa yang terlihat aneh.

Padahal dibalik itu memiliki dampak baik bagi kesehatan pada tubuh kita. Berikut rangkuman mengenai olahraga teraneh di dunia. Apa sajakah? yuk simak dibawah ini.

Olahraga Teraneh di Dunia 

6. Tinju Catur (Chess Boxing)

Orang-orang pastinya bakal terkejut jika ada olahraga satu ini. Bagaimana tidak memiliki seluk beluk antara catur dan tinju dipadukan dalam permainannya.

Hal ini pun juga menarik perhatian publik. Bahkan tinju catur ini sudah merambah ke berbagai negara dalam mengembangkan olahraga satu ini seperti Jerman, Inggris, India dan Rusia

Dalam segi permainannya tinju catur terdapat 6 putaran  permainan catur dan 5 untuk menuai tinju. Tergabung dalam 11 ronde.

5. Hoki Bawah Air ( Underwater Hockey)

Selanjutnya ada hoki, biasanya secara turun temurun dimainkan beralaskan es atau rumput. Namun siapa sangka ada perbedaan olahraga satu ini yaitu dilakukan di dalam air kolam renang 

Olahraga hoki bawah air diharuskan bagi pemain tersebut handal saat berenang. Bagitupun kuat ketika dalam posisi menyelam di dalam air dengan kurun waktu lama.

4. Menggendong Istri (Wife-carrying)

Menggendong istri tampaknya membuat  orang umumnya terkejut jika ada olahraga satu ini. Hal ini memang fakta adanya yang mana pertama kali didirikan oleh negara Finlandia.

Untuk melakoni olahraga satu ini biasanya seorang pria akan menggendong sang istri. Nantinya berlari sambil melewati berbagai rintangan dihadapinya.

3. Gulat Jempol Kaki (Toe Wrestling)

Mendengar Gulat tentunya sangat familiar di benak telinga kita. Namun Bicara olahraga satu ini tentunya dengan adanya dua orang yang saling adu kekuatan fisik di area.

Namun kali ini bukan soal adu kekuatan fisik dengan badan. Melainkan pada jempol kaki. 

Sebagaimana diketahui Gulat jempol kaki pertama kali dibentuk 1974 di Inggris. Olahraga aneh satu ini rupanya terdapat sesi tiga babak. Dalam aturannya kedua pemain saling adu jempol kaki hingga keluar yang terkuat bakal jadi pemenangnya. 

2. Sepakbola Buta atau tanpa melihat (Blind Football)

Kemudian ada sepakbola Buta. Dari kata sepakbola sepertinya olahraga yang paling diminati dan di gandrungi oleh khalayak umum.

Namun siapa sangka sepakbola buta atau Blind football menjadi pembeda dan sudah rutin dijalankan. Terutama diikuti bagi orang-orang yang mengalami tunanetra. 

Hal ini pun mengundang publik dan sepakat untuk diadakannya  kompetisi tingkat dunia untuk sepakbola buta. Acara bergengsi itu tentunya dibawah naungan International Blind Sports Association (IBSA).

1. Tiang tumbang atau Merobohkan Tiang (Bo-taoshi)

Bo-taoshi bisa dikatakan sudah menjadi kegiatan olahraga yang sangat populer bagi masyarakat Jepang. Meski terlihat aneh tapi memiliki keunikan bagi seseorang yang mencobanya.

Untuk melakoni olahraga satu ini dibutuhkan banyaknya pemain. Setiap tim terbagi 75 untuk penyerang 75 lagi untuk membela. 

Bagi penyerang biasanya akan berjuang untuk menguasai sebuah tiang. Sedangkan membela akan menjaga tiang agar tetap berdiri tegak dan tak mudah roboh.

Demikian pembahasan mengenai olahraga teraneh di dunia. Semoga bermanfaat dan terhibur bagi para pembaca.
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1397 seconds [13]