Tim Nasional | Detail

6 Kiper Terbaik yang Akan Tampil di Piala AFF 2020, Tak Ada dari Indonesia

Hendry Kurniawan
Jum'at, 03 Desember 2021, 10:18 WIB
6 Kiper Terbaik yang Akan Tampil di Piala AFF 2020, Tak Ada dari Indonesia
Kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata. (Foto: Sportstars.id/Hadi Febriansyah)

GELARAN Piala AFF 2020 akan diselenggarakan pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022. Dalam perhelatan kali ini, Timnas Indonesia memanggil banyak pemain muda, termasuk untuk sektor kiper. Pelatih Shin Tae-yong memberi kepercayaan kepada Muhammad Riyandi dan Nadeo Argawinata untuk mengisi skuad.

Kendati demikian, jika dibandingkan dengan kiper-kiper Asia Tenggara lainnya, catatan yang dimiliki oleh dua kiper muda Tim Garuda tersebut tidaklah terlalu bagus. Riyandi misalnya, dari lima kali bertanding membela Timnas Indonesia senior, ia telah kebobolan delapan. Maka dari itu, Riyandi memiliki rata-rata kebobolan 1,6 gol per laga.

Sementara itu, Nadeo telah jebol tujuh kali dari tiga pertandingan yang dijalaninya bersama Tim Garuda. Nadeo punya rata-rata kebobolan 2,3 gol per laga. Berikut ini adalah enam kiper dengan rata-rata kebobolan paling sedikit bersama tim nasional berdasarkan data dari Transfermarkt.

5. Siwarak Tedsungnoen (Thailand) dan Izwan Mahbud (Singapura)

Siwarak Tedsungnoen merupakan kiper kedua Timnas Thailand. Saat ini ia telah berusia 37 tahun. Jika diturunkan dalam gelaran Piala AFF 2020, maka Siwarak akan menjadi pemain tertua yang tampil di turnamen tersebut.

Selama memperkuat The Elephant War, Siwarak telah tampil sebanyak 18 kali dan mengalami 27 kebobolan. Maka dari itu ia punya rata-rata kejebolan 1,5 gol per pertandingan.

Sementara itu, Izwan Mahbud telah tampil membela Timnas Singapura sebanyak 48 kali dan kejebolan 72 gol. Catatan tersebut membuat Izwan juga memiliki rata-rata kebobolan 1,5 gol per laga.

4. Kawin Thamsatchanan (Thailand)

Kawin Thamsatchanan adalah kiper utama Timnas Thailand. Saat ini ia memperkuat klub Divisi Utama Liga Belgia, OH Leuven. Kawin merupakan kiper yang sudah sangat berpengalaman.

Kini berusia 31 tahun, Kawin telah memperkuat Timnas Thailand sejak 2010. Sejauh ini ia sudah bermain 54 kali dan kejebolan 75 gol. Dengan demikian, Kawin punya rata-rata kebobolan 1,38 gol per laga.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1168 seconds [13]