logo
Tim Nasional | Detail

6 Jebolan PSSI Primavera dan Baretti yang Kini Jadi Pelatih, Nomor 3 Mulai Naik Daun

Basudiwa Supraja
Selasa, 06 September 2022, 18:10 WIB
6 Jebolan PSSI Primavera dan Baretti yang Kini Jadi Pelatih, Nomor 3 Mulai Naik Daun
Kurniawan Dwi Yulianto (Sumber: Instagram)

JAKARTA - Indonesia pernah memiliki para pemain muda berbakat yang pernah mendapat kesempatan mentas sekaligus berlatih di Italia pada era 90-an. Mereka tergabung dalam sebuah tim yang kemudian dinamai PSSI Primavera.

Para pemain jebolan program Primavera ini kemudian banyak yang menjadi andalan Timnas Indonesia. Setelah itu ada juga tim PSSI Baretti yang terbentuk dan dikirim ke Italia pada 1995 setelah Primavera di 1993.

Angkatan PSSI Baretti juga banyak yang menjadi tumpuan Skuad Garuda di kancah internasional. Kini, para penggawa andal Skuad Garuda itu sudah pensiun dan banyak banting setir menjadi pelatih. 

Berikut Sportstars.id mencoba merangkum enam pemain jebolan PSSI Primavera dan Baretti yang kini berkarier sebagai pelatih.

6. Bejo Sugiantoro

Bejo Sugiantoro bersama Aji Santoso (Foto: Persebaya)
Bejo Sugiantoro bersama Aji Santoso (Foto: Persebaya)

Ayah dari Rachmat Irianto ini merupakan jebolan Primavera pada 1993-1994. Bejo Sugiantoro merupakan salah satu bek andalan Timnas Indonesia sejak dipercaya pada 1997 hingga 2004.

Dia telah mencatatkan 45 penampilannya dan berhasil menyumbang dua gol. Pensiun pada 2013 di Perseba Bangkalan, Bejo memulai karier kepelatihannya di Persik Kediri pada 2017. Pelatih berlisensi A AFC itu kini tengah menjadi asisten pelatih di Persebaya Surabaya.

5. Indriyanto Nugroho

Indriyanto Nugroho (Foto: PSSI)

Indiryanto Nugroho merupakan sosok pelatih berlisensi A AFC. Dia adalah mantan pemain PSSI Primavera pada 1994-1995. Dia juga berperan sebagai striker Timnas Indonesia pada tahun tersebut dan mencatatkan tiga gol dalam lima capsnya.

Saat ini, Indriyanto merupakan salah satu asisten pelatih di Timnas Indonesia U-16. Jabatan itu telah dia emban pada 2019 lalu setelah pensiun di 2013 bersama Persepam Pamekasan.  

4. Kurniawan Dwi Yulianto

Kurniawan Dwi Yulianto dikontrak lima tahun sebagai asisten pelatih Como 1907 (Foto: Instagram/Kurniawanqana)
Kurniawan Dwi Yulianto dikontrak lima tahun sebagai asisten pelatih Como 1907 (Foto: Instagram/Kurniawanqana)

Sosok satu ini menjadi salah satu jebolan Primavera 1993 yang mentereng sebagai pelatih. Sosok yang akrab dipanggil Kurus ini juga pernah tergabung menjadi pemain klub Italia, Sampdoria Primavera pada 1994.

Memiliki lisensi AFC Pro, kini Kurus tengah menekuni pendidikan kepelatihan di Eropa untuk mendapat lisensi UEFA Pro. Hal itu seiring dengan perekrutannya oleh salah satu klub Italia, FC Como 1907. Sebelumnya dia pernah melatih klub Malaysia, Sabah FC pada 2019 lalu.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2623 seconds [12]