logo
Hobi | Detail

6 Ide Lomba Olahraga 17 Agustus, dari Panjat Pinang hingga Sepak Bola Daster

Tim Sportstars
Kamis, 11 Agustus 2022, 22:03 WIB
6 Ide Lomba Olahraga 17 Agustus, dari Panjat Pinang hingga Sepak Bola Daster
Tarik tambang yang dilakukan di kantor Kemenpor abisa jadi ide lomba olahraga 17 Agustus (Foto: Kemenpora)

SUDAH menjadi tradisi jika perayaan kemerdekaan panitia membutuhkan ide lomba olahraga 17 Agustus untuk menyemarakkan perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI). Acara perayaan tersebut biasanya dimeriahkan beberapa lomba yang disediakan pihak penyelenggara, seperti balap karung, makan kerupuk, sendok kelereng, memasukkan paku ke dalam botol, hingga lomba joget balon.

Tak hanya untuk bersenang-senang semata, lomba 17 agustus juga kerap mempertandingkan berbagai jenis olahraga yang dapat membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Berikut ini Sportstars.id telah merangkumnya dalam 6 ide lomba olahraga 17 Agustus, mulai dari panjat pinang hingga sepak bola daster.

Macam-Macam Ide Lomba Olahraga 17 Agustus

Dilansir dari berbagai sumber, inilah 6 ide lomba olahraga 17 Agustus yang sering dipertandingkan sebagai bentuk perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia:

  1. Tarik Tambang

Lomba jenis ini sangat membutuhkan energi besar saat menarik sebuah tali tambang yang ditarik oleh dua kubu berlawanan. Sebelum pertandingan tarik tambang dimulai, biasanya panitia memberikan tepung atau bedak terlebih dahulu agar telapak tangan tidak cedera saat menarik tali tambang.

  1. Lomba Sepak Bola Daster

Sepak bola berdaster menjadi jenis lomba yang sering dipertandingkan pada acara 17-an. Sebab, lomba ini mengikutsertakan para bapak-bapak yang mengenakan daster wanita. Tak hanya memeriahkan suasana, lomba ini juga dapat membuat stamina tubuh menjadi kuat.

  1. Balap Karung

Balap karung merupakan jenis lomba yang tidak boleh dilewatkan saat perayaan 17-an. Lomba balap karung biasanya dilakukan dengan cara berlari sebanyak tiga putaran. Putaran pertama, para peserta berlari untuk mengambil karung. Setelah itu, mereka berlari kembali dengan menggunakan karung yang sudah mereka ambil sebanyak dua kali putaran.
Lomba jenis ini sangat bermanfaat bagi tubuh, salah satunya untuk menjaga keseimbangan agar tidak terjatuh saat pertandingan berlangsung.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1612 seconds [13]