Basket | Detail

5 Tugas Pemain Bola Basket Sesuai Posisinya

Wikku D. Nugroho
Rabu, 27 April 2022, 14:27 WIB
5 Tugas Pemain Bola Basket Sesuai Posisinya
5 Posisi Dibagi untuk Pemain Tim Basket (Foto: PERBASI)

JAKARTA- Bola basket adalah salah satu permainan bola besar yang identik dengan permainan bola tangan. Permainan bola basket pertama kali diciptakan oleh seorang guru olahraga bernama James Naismith pada tahun 1891. 

Dibutuhkan dua tim yang masing-masing beranggotakan lima orang untuk memainkan permainan olahraga ini. Tujuan dari olahraga bola basket ini adalah memasukkan bola basket sebanyak-banyaknya ke dalam keranjang lawan. 

Setiap pertandingan dipimpin oleh beberapa wasit dan dibatasi oleh waktu. Setiap pemain bola basket juga memiliki posisi dan perannya masing-masing dalam pertandingan. Posisi dan peran pemain tersebut akan mengikuti strategi pelatih.   

Tugas Pemain Bola Basket Sesuai Posisinya

  • Center

Pemain di posisi center bertugas di lini pertahanan tim dan menghalau pemain lawan untuk mencetak angka. Biasanya pemain berposisi center ini yang memiliki postur badan yang tinggi di antara rekan setimnya. 

Pemilihan postur tersebut bertujuan agar pemain lawan kesulitan mencetak angka. Pemain center tidak jarang melakukan pelanggaran terhadap lawan. Hal tersebut tentu dilakukan sebagai salah satu strategi dalam permainan tim.

  •    Power Forward

Pemain di posisi power forward bertugas untuk melakukan rebound. Sehingga juga dibutuhkan pemain power forward dengan postur tinggi dan kuat dalam duel udara. Pemain power forward ini diharapkan dapat memenangkan rebound untuk kesempatan tim mencetak angka lewat serangan balasan.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1344 seconds [13]