logo
Sportainment | Detail

5 Teknologi Canggih di Piala Dunia Qatar 2022

Intan Rachmasari
Kamis, 10 November 2022, 18:10 WIB
5 Teknologi Canggih di Piala Dunia Qatar 2022
Piala Dunia 2022 Qatar (Foto: REUTERS)

JAKARTA - Sebanyak 5 teknologi canggih di Piala Dunia Qatar 2022 siap memukau siapa saja yang menyaksikan gelaran ini nantinya. Sebagai salah satu negara terkaya di Timur Tengah, Qatar sudah mempersiapkan segala yang terbaik untuk Piala Dunia 2022. 

Beberapa teknologi dan fitur di Piala Dunia Qatar bisa disebut revolusioner. Qatar akan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA untuk pertama kalinya, dan Qatar memastikan pengalaman yang tiada duanya bagi para penggemar dan pemain.

Sejauh ini ada banyak perubahan inovatif yang dijanjikan Piala Dunia 2022, penggemar dari seluruh penjuru bumi yang akan merasakan sendiri perubahan revolusioner. Mari kita lihat inovasi teknologi yang akan memukau para penggemar, pemain, dan lainnya selama Piala Dunia 2022.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut Sportstars.id akan mengulas 5 teknologi canggih di Piala Dunia Qatar 2022 ; 

Teknologi Canggih di Piala Dunia Qatar 2022

  1. Teknologi Pendingin Stadion 

Suporter Piala Dunia Qatar

Qatar terpilih menjadi tuan rumah untuk pelaksanaan piala dunia tahun 2022. Dengan terpilihnya Qatar menjadi tuan rumah, ada banyak persiapan venue yang akan digunakan.

Setidaknya ada 8 stadion yang sudah disiapkan Qatar untuk piala dunia, mulai dari yang stadion baru hingga stadion lama yang sudah mendapat sentuhan renovasi. 

Qatar dikenal sebagai negara gurun pasir dengan udara yang cukup panas, sehingga dalam 7 dari 8 stadion yang disediakan menggunakan teknologi pendingin ruangan.

Teknologi ini akan membantu para penggemar dan pemain mendapatkan suasana santai untuk bermain dan menonton.

  1. Bola Piala Dunia yang Revolusioner Al Rihla

Bola Al Rihla (Foto: Istimewa)

Bola keluaran brand Adidas ini ternyata diproduksi di Indonesia. Perlu diketahui jika bola yang akan digunakan dalam ajang Piala Dunia 2022 juga memiliki kecanggihan teknologi. 

Bola yang diberi nama Al Rihla ini memiliki teknologi yang terhubung untuk menyampaikan data real-time ke petugas VAR. Teknologi ini akan berkolaborasi dengan Teknologi Offside Semi-otomatis yang baru dari FIFA.

Al Rihla juga akan mendukung aturan offside semi-otomatis FIFA, yang sepenuhnya menggunakan sensor gerak di dalam bola. Sehingga kegunaan bola ini akan membantu kerja wasit dan membuat perhitungan lebih akurat. 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1807 seconds [12]