Ragam Lainnya | Detail

5 Teknik Footwork dalam Bulutangkis, Pengertian dan Tekniknya

Sulthan Muafa
Minggu, 05 Juni 2022, 09:01 WIB
5 Teknik Footwork dalam Bulutangkis, Pengertian dan Tekniknya 
Kemampuan teknik footwork dalam bulutangkis sangat penting dan harus dilatih (Foto: Twitter/@INABadminton)

JAKARTA-Terkait teknik footwork dalam bulutangkis sangat menarik bagi para netizen Indonesia. Karena dibalik itu sangat berguna untuk seseorang yang tengah menjalani kiprahnya di dunia olahraga tepok bulu satu ini

Seperti diketahui teknik footwork merupakan gerakan pada langkah kaki dengan posisi yang tepat guna saat melakoni aksi memukulnya terlihat sangat menawan.

Begitupun pada saat mempraktekannya usahakan gerakan harus memiliki kelincahan yang apik. Hal ini pun agar hasil pukulan shuttlecocknya begitu akurat.

Dibalik teknik footwork terdapat manfaat yang tersirat didalamnya. Salah satunya menjaga daya kestabilan pada stamina.

Kendati demikian agar menghasilkan footwork yang sungguh akurat.  Terdapat rangkaian sederet tekniknya yang perlu diketahui. Apa sajakah isinya? Yuk simak di bawah ini.

Teknik Footwork dalam Bulutangkis 

  1. Diawali dengan berdiri  dengan keadaan rileks dan tak mudah kaku, posisi tubuh pun seimbang serta berat badan tetap pada kedua kaki.
  2. Lalu kondisi kaki nantinya terbuka lebar sejajar bahu serta kaki satu berada di depan kaki sebelahnya. Kemudian tekuk pada bagian kaki serta berdiri sampai perhatikan ujung kaki tersebut secara perlahan dan santai.
  3. Kedua lengan maupun siku diposisikan terlihat bengkok ke posisi samping hingga lengan bagian atas nantinya dalam kondisi memegang raket hingga bebas bergerak.
  4. Selanjutnya posisi raket usahakan digenggam secara rileks dan kepala raket nantinya harus melebihi tinggi kepala.
  5. Perihal gerakan pada kedua kaki hanya dibutuhkan satu dan dua step saja. Tiga pun boleh asal jangan lebih dari angka tersebut. 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1303 seconds [13]