logo
Ragam Lainnya | Detail

5 Teknik Dasar Permainan Baseball, Wajib Disimak!

Tim Sportstars
Senin, 01 Agustus 2022, 21:00 WIB
5 Teknik Dasar Permainan Baseball, Wajib Disimak!
Teknik Dasar Permainan Baseball (Reuters)

Teknik dasar permainan baseball akan dibahas dalam artikel ini. Bisbol atau dikenal dengan baseball adalah sejenis olahraga kasti dari Amerika yang dimainkan oleh dua tim. Pelempar (pitcher) bertugas untuk melempar bola. Sedangkan tim lain bertugas untuk memukul bola dengan menggunakan tongkat pemukul (bat).

Dilansir dari berbagai sumber, kelima teknik dasar permainan baseball tersebut adalah melempar bola, menangkap bola, memukul bola, berlari ke base, dan meluncur (sliding). Berikut Sportstars.id telah merangkumnya dalam lima teknik permainan baseball yang perlu diperhatikan:

Teknik Dasar Permainan Baseball

1. Melempar Bola

Teknik melempar merupakan bagian terpenting dalam permainan baseball. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melempar yaitu kekuatan, kecepatan melempar, arah bola, dan akurasi sasaran.

Teknik melempar bola ada tiga, yaitu lemparan atas (overhand throw), lemparan samping (side arm throw), dan lemparan bawah (underhand throw). Lemparan atas yaitu teknik dengan gerak ayunan lengan ke atas melalui garis horizontal pada persendian bahu.

Teknik lemparan samping hampir sama dengan lemparan atas. Perbedaannya hanya di posisi lengan yang agak lurus ke samping rata-rata air. Sementara itu, teknik lemparan bawah dilakukan apabila waktu sudah sangat mendesak dan fielder tidak sempat melakukan gerakan lain.

2. Menangkap Bola

Menangkap adalah suatu usaha yang dilakukan oleh pemain untuk dapat menguasai bola dari hasil pukulan dan lemparan. Tujuannya, yaitu mematahkan serangan lawan atau mematikan pelari.

Ada tiga jenis teknik melempar bola, yaitu menangkap bola lurus, menangkap bola lambung (fly ball), dan menangkap bola gulir (groundball).

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1593 seconds [12]