logo
Hobi | Detail

5 Teknik Dasar Panjat Tebing, Cara Melakukan, dan Penjelasannya

Johana Joy Artamira
Selasa, 31 Mei 2022, 03:03 WIB
5 Teknik Dasar Panjat Tebing, Cara Melakukan, dan Penjelasannya
Panjat tebing memiliki setidaknya 5 teknik dalam memanjat (Foto: Istimewa)

JAKARTAPanjat tebing merupakan salah satu olahraga yang diminati oleh sebagian orang meskipun olahraga ini termasuk olahraga yang sangat ekstrim. Dalam Bahasa Inggris, olahraga ini disebut dengan istilah rock climbing.

Dalam melakukan panjat tebing, ada berbagai hal yang harus diketahui. Salah satunya adalah teknik dasar dalam panjat tebing. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa teknik dasar panjat tebing;

Teknik Dasar Panjat Tebing dan Cara Melakukannya 

1. Bridging 

Teknik dasar panjat tebing yang pertama ada bridging. Teknik ini adalah teknik memanjat di celah tebing vertikal yang sangat besar. Cara melakukan teknik ini adalah dengan badan yang mengangkang, kemudian kaki dan kedua tangan berpegang pada pemukaan tebing.

2. Jamming 

Selanjutnya yang akan kita bahas adalah teknik jamming. Cara melakukan teknik ini adalah dengan jari tangan atau tangan yang dimasukkan ke celah dinding vertikal yang ukurannya tidaklah terlalu besar.

3. Face Climbing 

Berikutnya ada face climbing. Teknik ini merupakan teknik memanjat tebing yang dilakukan dengan menggunakan tonjolan batu sebagai pegangan tangan serta pijakan kaki.

4. Chimneying

Chimneying juga termasuk salah satu teknik dasar dalam panjat tebing. Teknik ini digunakan ketika memanjat celah tebing vertikal yang ukurannya lebar.

5. Slab Climbing

Teknik terakhir yang akan kita bahas adalah slab climbing. Teknik ini adalah teknik yang digunakan pada saat memanjat di permukaan tebing yang tidak terlalu vertikal. Gaya gesek dimanfaatkan sebagai tumpuan.

Berikut tadi adalah informasi mengenai teknik dasar panjat tebing. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1817 seconds [13]