Tim Nasional | Detail

5 Syarat Naturalisasi Pemain Timnas Indonesia Versi Pemerintah

Rifqi Herjoko
Jum'at, 19 November 2021, 08:47 WIB
5 Syarat Naturalisasi Pemain Timnas Indonesia Versi Pemerintah
Ada syarat yang harus dipenuhi untuk proses naturalisasi pemain guna membela Timnas Indonesia (Foto: PSSI)

NATURALISASI merupakan salah satu cara yang bisa ditempuh oleh sebuah negara untuk meningkatkan prestasi di bidang olahraga, termasuk sepak bola. Indonesia sendiri sudah cukup akrab dengan hal ini sejak 10 tahun lalu.

Christian Gonzalez, Greg Nwokolo, Alberto Goncalves, hingga Marc Klok merupakan beberapa pemain yang berpindah kewarganegaraan (naturalisasi) menjadi Indonesia. Meski begitu, kini pemerintah ternyata lebih selektif dalam melakukan proses naturalisasi.

Berdasarkan pernyataan yang disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI), Zainudin Amali, Tim Sportstars.id mencatat setidaknya ada lima syarat yang mesti dimiliki bagi seorang pemain untuk dinaturalisasi. Berikut adalah di antaranya:

1. Ikatan Darah

Pemerintah kini tidak mau melakukan naturalisasi terhadap sembarang orang. Mereka hanya akan memproses bagi para pemain yang masih memiliki darah atau keturunan Indonesia. Ikatan darah ini bisa dari orang tua secara langsung maupun kakek dan nenek.

"Itu lebih ada jelas ikatan darah dengan Indonesia daripada kita menaturalisasi orang yang gak ada kaitan sama sekali. Yang penting dia mau milih di Indonesia," terang Zainudin Amali.

Mengacu pada hal tersebut, pemerintah hanya ingin memproses pemain keturunan agar memperoleh kewarganegaraan Indonesia sehingga bisa memperkuat tim nasional. Ini tentunya berbeda dengan naturalisasi. 

Berdasarkan laman Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, kemlu.go.id, naturalisasi atau pewarganegaraan adalah tata cara bagi orang asing untuk memperoleh kewarganegaraan Republik Indonesia melalui permohonan.

2. Usulan dari PSSI

Pemerintah hanya akan memproses nama-nama yang diusulkan oleh PSSI. Dengan kata lain, pemain-pemain tersebut memang dibutuhkan negara untuk memperkuat Timnas Indonesia, bukan semata-mata hanya demi mendapatkan status kewarganegaraan di Tanah Air.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.5709 seconds [12]